Jalur Ruteng-Reo Disasar Puluhan Titik Longsor

floressmart.com– Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur sejak Sabtu malam hingga Minggu siang menyebabkan puluhan titik longsor menimpa ruas jalan nasional Ruteng-Reo.

Pantauan floressmart.com, longsor terbesar terjadi di Golo Nggorong kecamatan Cibal dengan panjang sekitar 40 meter serta tinggi 10 meter. Material longsor Golo Nggorong bersumber dari tebing yang ambrol.Longsor besar lainya terjadi di  kilo meter 12 kampung Wudi Desa Ndehes Kecamatan Wae Rii.

Baca juga  PKPT 2016,Inspektorat Manggarai Selamatkan Uang Temuan Hampir 1 Milyar

Akibatnya puluhan kendaraan terjebak di beberapa lokasi longsor dan tertahan hingga 10 jam. Seluruh titik longsor baru bisa dibersihkan pada Minggu petang.

“Longsor seluruhnya ada 20 titik terjadi di jalur Ruteng-Reo mulai dari kilo lima,Tengku Tok, Bengkang dan seterusnya hingga di Gapong Cibal,” Kata Sekertaris Daerah Kabupaten Manggarai, Manseltus Mitak saat memantau longsor di Kecamatan Cibal, Minggu 31 Januari 2016.

Baca juga  Enggan Komentari Dugaan Korupsi, Kepala KPPTSP "Curhat' Soal Kerusakan Gedung

“Longsor terjadi beruntun dari Minggu subuh hingga siang,”Lanjutnya.

Untuk mengevakuasi material longsor kata Sekda Setus, Pemda Manggarai mengerahkan tiga alat berat ditambah alat berat dari Unit Perawatan Rutin (UPR) Dinas PU Propinsi NTT.

Kata Sekda Setus,  jalur lalulintas Ruteng-Reo tidak boleh lumpuh mengingat jalur lalin tersebut merupakan jalur distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Depo Pertamina Reo ke tiga kabupaten (Manggarai-Manggarai Timur dan Manggarai Barat).

Baca juga  LBH : Kasus Keracunan Seafood Di Ruteng Bisa Seret Pelaku Usaha Dan Dinas Terkait

“Mulai sekarang kita siagakan alat berat di jalur Ruteng-Reo. Begitu terjadi longsor langsung diatasi,”tandasnya. (jhs)

 

 

 

Beri rating artikel ini!