BPBD Mendata Kerusakan Dampak Musim Hujan

floressmart.com– Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur telah mendata kerusakan yang diakibatkan tingginya intensitas curah hujan yang melanda wilayah itu akhir Januari 2016.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi floressmart.com, Rabu 3 Februari 2016, BPBD mencatat sedikitnya terjadi 25 titik longsor yang terjadi di sejumlah ruas jalan di tambah kerusakan areal persawahan seluas satu hektar di Kelurahan Bangka Leda Kecamatan Langke Rembong serta kerusakan rumah warga di Kecamatan Reo akibat banjir.

Baca juga  Arahan Bupati Deno Kepada Pejabat Yang Telah Dilantik

Sementara satu rumah warga dilaporkan hancur akibat tertimbun longsor terjadi di Rado Kecamatan Cibal dan lima rumah rusak akibat tertimpa longsoran tanah di Desa Mangge Kecamatan Ruteng.

Siaga Bencana

Terpisah, Sekertaris Daerah Kabupaten Manggarai, Manseltus Mitak menghimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap pelbagai ancaman selama musim hujan berlangsung.

“Bagi masyarakat yang tinggal di bantaran kali, lereng bukit, pinggir pantai,lembah agar segera mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman sekiranya sudah ada ancaman di tempat tinggal masing-masing” Kata Sekda Manseltus.

Baca juga  Wisatawan Singapura Luka Parah Diterkam Komodo

Kepada petugas BPBD Manggarai Sekda Manseltus Mitak memerintahkan untuk segera membentuk posko-posko siaga bencana dengan memanfaatkan tenaga-tenaga yang sudah terlatih di lapangan.

“Seperti Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Kelompok Masyarakat Siaga Bencana Desa (KMSBD),” Imbuhnya. (jhs)

 

 

 

 

Beri rating artikel ini!