PDAM Ruteng Gratiskan Pemasangan Air Minum

floressmart.com- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Komodo Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur menggratiskan pemasangan jaringan air bersih bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) . Hibah air minum bersih tersebut merupakan program nasional pemerintahan Jokowi-JK tahun 2014-2019 untuk 17 Kabupaten/Kota se Indonesia.

Tahun 2015, kabupaten Manggarai mendapat jatah 732 MBR yang tersebar di tiga kecamatan yakni Wae Rii, Langke Rembong dan Satar Mese Barat. Program yang sama juga akan berlanjut pada tahun 2016 melayani 1333 pemasangan baru.

Baca juga  Final Perancis VS “Perancis” hingga “Manggarai Raya Celaka 12, Celaka 13?”

“ Untuk 2015 airnya sudah dimanfaatkan sejak Oktober 2015 dan sudah diaudit BPKP bersama konsultan. Programnya terlaksana dengan baik,”ujar Dirut PDAM Tirta Komodo,Klemens Man, Rabu 24 Februari 2016.

Klemens Man menelaskan program hibah air minum tahun 2016 menyambung program 2015 yakni melayani MBR di Kecamatan Wae Rii, Reo, Pagal, Cancar, Langke Rembong serta Satar Mese Barat.

Baca juga  Wabup Viktor Madur Buka Festival Seni Dan Budaya Di Ruteng

“Program tahun 2015 dan 2016 berdasarkan Perda Penyertaan Modal Nomor 9 Tahun 2015. Sekerang masih menggodok lagi Perda PM untuk tahun 2017-2019,” ungkap Klemens.

“Penyertaan modal berarti biaya pemasangan ditalangi oleh Pemda, setelah program tahunan diaudit baru dibayar oleh APBN sesuai jumlah MBR dan tarif  pemasangan air minum ,” Kata Kelemens Man menambahkan.

Baca juga  Kematian Akibat Rabies Masih Terjadi Karena Populasi Anjing “Menggila”

Kriteria masyarakat yang termasuk dalam MBR, sebut Klemens, antara lain memakai listrik kapasitas rendah, tipe rumah, serta jumlah pendapatan yang minim.

“Setelah permohonan masuk ke PDAM, petugas kami akan turba melakukan verifikasi ulang ke rumah pemohon, sehingga program itu tepat sasaran,” ujar Klemens. (jhs)

Beri rating artikel ini!