Yul Yasinto: Ehok Tak Tergantikan

floressmart.com- Gaspar Parang Ehok merupakan birokrat tulen yang langka di level regional. Ia disegani dan menjadi referensi politik Provinsi NTT.

“Dia mempersembahkan hidupnya untuk orang banyak,” kata Rektor Unika Widya Mandira Kupang P Yulius Yasinto, SVD menjawab floressmart.com di Ruteng(27/2).

G P Ehok memiliki kemampuan organisasi yang baik dan mampu menerapkan pengetahuanya dalam penyelesaian masalah pembangunan dan organisasi.

Baca juga  Dituduh Terlibat "Skandal", Uskup Ruteng Didesak Mundur

Sebacara pribadi, Pater Yul mengenang G P Ehok sebagai tokoh konsisten dan pemberi teladan. Dialah yang menyerahkan kasula tahbisan pada 1993. Almarhum berpesan, dalam panggilan dan profesi dengan penuh kesetiaan dan tanggung jawab. Kesetiaan dalam panggilan, pesan almarhum, menjadi kunci kehidupan.

“Tidak banyak kegaduhan politik di masa Pak Gaspar. Jejaknya sebagai birokrat tulen masih membekas sampai sekarang,” ucap Pater Yul.

Baca juga  Final Perancis VS “Perancis” hingga “Manggarai Raya Celaka 12, Celaka 13?”

Kaderisasi politik masa GP Ehok, lanjut Pater Yul, sudah disiapkan dengan baik di dunia organisasi. Hal ini berbeda dengan masa sekarang dimana kaderisasi kepemimpinan politik tidak selalu menghasilkan kader terbaik.

“Dulu hanya orang matang yang bisa mendapat puncak kepemimpinan, ” jelasnya.

GP Ehok akan dikenang sebagai pribadi berpretasi, pamong praja tulen, pelayan masyarakat dan memiliki kemampuan organisatoris yang baik yang mampu menerapkan teori kepemimpinan dalam tata laksana organisasi.

Baca juga  Ketika Pedagang Mengurai Soal di Pasar Inpres Ruteng

Saat ke Ledalero, kenang Pater Yul, ia menjelaskan dengan begitu rinci keadaan pembangunan di Manggarai. Itu berarti, semasa menjadi bupati GP Ehok menguasai dengan baik daerah yang dipimpin. (fian)

 

Beri rating artikel ini!