Ratusan Rumah Tidak Layak Huni Akan Direhab

floressmart.com- Ratusan rumah yang tidak layak huni di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur diusulkan untuk direhab tahun ini. Pemerintah setempat melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi sedang menyusun data yang valid agar bantuan tersebut bisa tepat sasaran.

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Rafael Ogur kepada wartawan belum lama ini menjelaskan total rumah yang diusulkan untuk direhab tahun2016 sebanyak 656 unit dengan perincian,256 unit diusulkan melalui dana APBD II dan 400 unit melalui Kemenpera sementara dari Kemesos untuk sementara masih disusun proposalnya.

natal dalam berita

Baca juga  Tim Polda Metro Jaya Tangkap Polisi Di Manggarai NTT Terkait Penggelapan Uang

“Dana rehab juga meningkat tahun ini,untuk APBD II senilai Rp 10 juta per ruma, yang bersumber dari APBN Rp 15 juta/rumah,” Kata Kadis Ogur.

”Untuk APBD kita masih pakai anggaran tahun lalu.Kita juga masih memverifikasi data rumah yang memang layak dibantu. Adas tiga komponen pokok yang dilihat terkait rehabilitasi ini yakni atapnya,dinding dan lantainya,” ImbuhRafael.

Baca juga  TSK Penculikan Jeramun Ditahan, HP Pelaku Dikirim Ke Polda Bali

Program rehabilitasi rumah,lanjut Rafael,merupakan program berkelanjutan.Karena itu,setiap tahun pemerintah mengusulkan agar 10.069 unit rumah tidak layak huni di Kabupaten Manggarai terus ditekan.

Kadis Ogur menjelaska program rehabilitasi rumah milik Rumah Tangga Miskin(RTM) sudah digalakan sejak tahun 2011 lalu. Yang sudah diintervensi kata Ogur berjumlah 4.142 rumah dari 27.844 RTM.

“Sudah menelan dana Rp. 31 milyar rupiah. Sesai program bupati, kedepan kita rehab 1500 rumah tiap tahun. Itu mulai tahun 2017,”

Baca juga  PKPT 2016,Inspektorat Manggarai Selamatkan Uang Temuan Hampir 1 Milyar

“Kalau nanti masalah rumah ini sudah tuntas,tentu ada program lain dari pemerintah untuk mensejahterahkan masyarakat,” Ujar Rafael menambahkan. (adi)

Beri rating artikel ini!