Tahun 2016 Mabar ‘Dihujani’ Berkah APBN

floressmart.com- Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur menggelontorkan dana hampir 60 milyar rupiah untuk menggenjot pembangunan infrastruktur dalam kota Labuan Bajo tahun ini. Dana dengan jumlah cukup besar itu bersumber dari APBN 2016 .

Bupati Mabar, Agustinus Ch Dula menjelaskan, lebih dari separuh anggaran tersebut dialokasikan untuk rehabilitasi ruas jalan yang rusak dan peningkatan jalan dalam kota Labuan Bajo sementara sisanya untuk optimalisasi jaringan air minum bersih. Sementara perbaikan ruas jalan raya menuju  seluruh kecamatan di Mabar kata bupati Dula, kembali dilanjutkan dengan alokasi anggaran lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya.

natal dalam berita

Baca juga  Kerugian Negara Proyek Pasar Rakyat Ruteng Turun dari Ratusan Juta Menjadi Puluhan Juta

” Dalam kota (Labuan Bajo) ditambah ruas Hot Roller Sheet ( HRS ) atau hotmix serta Lapisan Penetrasi (Lapen). lainya peningkatan dan pembukaan jalan baru. Gang-gang dalam kota dintervensi tahun ini (2016). Begitu juga jalan menuju kecamatan hingga desa juga menjadi prioritas namun bertahap,” Ujar bupati Dula dihubungi Senin 28 Maret 2016.

” Untuk air minum diplotkan untuk perbaikan jaringan (pipa)yang rusak serta optimalisasi water treatmen Wae Mese,” Kata Gusti Dula menambahkan.

Baca juga  Dua Hari Pelanggan PLN Di Ruteng Gelar Aksi Protes, Ini Musababnya

Masih terkait air minum, menurut bupati Dula akan mencari sumber air tambahan. Salah satunya kata dia, eksploitasi air minum dari Cunca Wulang di Kecamatan Mbeliling.

“Pipa induk dipasang mulai dari Cunca Wulang sampai di water treatment Wae Mese kemudian dialirkan lagi ke pipa distribusi menuju beberapa titik bak penampung sebelum akhirnya masuk ke pipa jaringan. Begitu skenarionya,” terang Gusti Dula.

Baca juga  Ada Kebakaran Di Kantor Pengadilan Negeri Ruteng

Bupati Manggarai Barat dua periode itu mengapresiasi perhatian pemerintah pusat merespons kebutuhan pembangunan kabupaten Manggarai Barat. Tahun 2016 ini kata Dula, APBN yang diarahkan untuk maksimalisasi infrastruktur pendukung program pariwisata Mabar mencapai hampir hampir satu triliun rupiah. (jhs)

 

 

Beri rating artikel ini!