Ini Upaya Gusti Dula Membersarkan PAN

floressmart.com—Bupati Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur, Agustinus Ch Dula dipilih secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Muasyawarah Daerah (Musda) IV DPD PAN, Senin malam,2 Mei 2016 di Labuan Bajo. Gusti Dula ‘menumbangkan’ empat kandidat lain yakni Vitus Usu, Abdul Ganir, Fransiskus Arbidin Ruben Samuel dan Kosmas Unar.

Setelah didapuk menjadi komandan partai berlambang ‘Mata Hari Putih’ Agustinus Ch Dula menyatakan segera melakukan konsolidasi internal. Gusti begitu ia biasa disapa akan menetapkan kepengurusan baru DPD II PAN Mabar masa bakti 2016-2019. Nantinya, kata Gusti akan ada penambahan perangkat memperkuat kerja partai.

Baca juga  Ketika Walikota Surabaya Tri Rismaharini Mengenakan Songke Manggarai

“Segera menetapkan kepengurusan baru sekalian dengan pembentukan formatur tambahan. Tapi yang paling penting adalah upaya konsilidasi internal partai PAN,”  Kata ketua DPD II PAN terpilih Gusti Dula menjawab floressmart.com, Selasa 3 Mei 2016.

Hal lain yang menjadi atensi bupati Mabar dua periode itu adalah  upaya merawat akar rumput dan pembinaan perangkat partai agar menjadi kader-kader militan.  Gusti memandang perlu dicetuskan strategi jitu dalam kerja-kerja politik partai PAN ke depan seperti Pilgub NTT Desember 2017, Pileg 2019 serta Pilkada bupati 2021.

“Menjadikan akar rumput sebagai subjek politik, bukan sekedar objek yang dimanfaatkan pada saat pemilu. Dalam berpolitik pun tempatkan mereka sebagai penentu kemenangan agar hak politik akar rumput terwakili,caranya partai itu harus rajin turun ke bawah dialog dengan masyarakat,” Kata Gusti.

Baca juga  Pencuri Gasak Uang Rp.170 juta Dari Brankas Dinas PPO Manggarai

“Dalam konteks lokal DPD II PAN bertekat akan terus mengepakan sayap partai hingga desa dan dusun sehingga bisa mendulang rasa percaya masyarakat dengan begitu PAN pasti maeraih kemenangan dalam setiap kompetisi politik,” Ujar Gusti Dula menambahkan.

Gusti sadar betul nama besar PAN dengan meraih tiga kursi DPRD berturut-turut pada dua Pemilu sebelumnya serta mengantar Gusti Dula menjadi bupati Mabar 2010-2021 merupakan hasil kerja keras keluarga besar PAN Mabar dibawah kepemimpinan Tan Hasiman. Raihan suara siginifikan dalam pesta demokrasi sebelumnya memotivasi Gusti dalam memimpin PAN ke depan.

Baca juga  LBH : Kasus Keracunan Seafood Di Ruteng Bisa Seret Pelaku Usaha Dan Dinas Terkait

“Kalau sebelumnya raih tiga kursi dewan dan melahirkan bupati dari koalisi partai, ke depan diharapkan mencetak lebih banyak legislatif  serta bisa mengusung calon kepala daerah sendiri. Itu harapanya. Terima kasih buat pengurus PAN sebelumnya,” Ungkap Gusti.

Gusti Dula menyampaikan terima kasih kepada panitia sehingga Musda PAN berjalan lancar dan aman. Terima kasih juga disampaikan kepada Ketua DPW PAN NTT, Awang Natoprawiro atas kehadiranya dalam Musda PAN Mabar. (js)

 

Beri rating artikel ini!