Liu Jianpeng Juarai Etape 4 Tour de Flores Bajawa-Ruteng

floressmart.com— Etape 4 Tour de Flores dari Bajawa Kabupaten Ngada menuju Ruteng Manggarai sejauh 136,6 kilometer dimenangkan Liu Jianpeng dari Wisdom Hengxiang Cycling Team dengan catatan waktu 3 jam 48 menit dan 49 detik. Liu Jianpeng mencium garis finish depan Mapolres Manggarai sekitar pukul 12.50 Wita. Race hari ini diikuti 82 pebalap.

Menyusul dibelakang  Liu Jianpeng, Benjamin Prades dari Team Ukyo Jepang menjadi runner-up dengan jarak waktu 0,02 detik. Posisi ketiga, Jai Crawford dari Kinan Cycling Team, finis dengan membukukan waktu 3 jam 48 menit dan 51 detik.

Trek Bajawa- Ruteng  menyuguhkan rangkaian tikungan tajam sejauh 35 kilometer. Tikungan sebanyak 311 kali dipadu dengan turunan membuat para pebalap masih berada dalam rombongan besar hingga di Aimere yang masih di Kabupaten Ngada.

Baca juga  Menanti Mutasi Pejabat, Ini Kata Sekda Manggarai

Setelah melewati Kota Komba dan berlanjut ke Borong, para pebalap sudah harus melewati tanjakan di Sita yang masuk kecamatan Ranamese. Tanjakan itu dimanfaatkan oleh Jianpeng untuk memimpin perlombaan. Benjamin Prades, Jai Crawford, dan Ricardo Garcia mengikuti di belakang Jianpeng.

Sekitar satu jam dari batas kabupaten, jalur masih flat hingga sepuluh kilometer ke depan. Para pebalap baru akan disuguhi tanjakan ekstrem lagi di kilometer ke-96, tepat di tanjakan Sita. Jalur serupa terus menanja hingga titik tertinggi jalur ini 1.330 mdpl, yakni Desa Lerang  Ranamese, pada kilometer ke-115,7.

Baca juga  Dugaan Korupsi Matim "Menggila",Ini Komentar Bupati Tote

Satu poin King of Mountain dilahap  Liu Jianpeng di Wade Poka pada ketinggian 1.237 mdpl. Lima kilometer dari Wade, Liu Jianpeng terus memimpin hingga tiba di garis finis di Kantor Polres Manggarai di Ruteng sekitar pukul 12.40 Wita.

Sementara Dadi menjadi pebalap Indonesia yang finis terdepan pada etape ke empat ini. Secara keseluruhan dia menempati urutan kedelapan, tepat di depan pemilik jersey Merah Putih dan pebalap terbaik Asia, Robin Manulang dari tim nasional Indonesia. Dadi finis 0,33 detik lebih lambat dari sang juara.

Baca juga  Aksi 2017 Penari Ndundu Ndake Meriahkan HUT Kemerdekaan

Dalam etape keempat ini, pebalap Prades sekaligus menjadi penguasa poin sprint. Sementara, jersey polka dot masih menjadi milik juara etape ketiga, Yinghon Ronald Yeung dari Wisdom Hengxiang Cycling Team.

Pantauan floressmart.com, ribuan penonton menyaksikan balapan di kiri dan kanan jalan Negara dari Poka hingga Mapolres Manggarai . Sekitar seribuan murid sekolah dasar hingga SMA dan SMK dikerahkan untuk menjaga sekaligus menyemarakan jalanya balapan.

Race kembali dilanjutkan Senin pagi 23 Mei 2016. Para pebalap akan dilepas pada pukul 09.00 Wita menuju Labuan Bajo Manggarai Barat sebagai etape terkahir (kelima). (js)