Gangguan Listrik Ulumbu Teratasi,Pemadaman Bergilir Stop?

floressmart.com—Gangguan pembangkit pada unit 3 dan 4 PLTP Ulumbu yang menyebabkan terjadinya pemadaman begilir di Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur sejak Juli 2016 telah teratasi setelah PT.Cogindo Daya Bersama (CDB) anak perusahaan PT.PLN persero yang menangani Overhaul (Perbaikan) telah memperbaiki AVR (Automatic Voltage Regulator) pada generator (unit) 3, sebuah alat yang selama ini rusak.

“AVR hasil rakitan tim work shop Bandung tiba kemarin sore (Selasa) dan langsung dipasang dan sinkronisasi dengan generator 4. Alhasil unit 3 dan unit 4 kembali beroperasi Selasa malam sekitar pukul 21.20 WITA,”Kata Rian Puspratomo Site Manager PT. CDB di Ulumbu kepada floressmart.com, Rabu 5 Oktober 2016.

Dijelaskan Rian, Prinsip kerja AVR adalah mengatur arus excitacy (penguatan) pada exciter (output generator). Apabila tegangan output generator di bawah tegangan nominal tegangan generator, maka AVR akan memperbesar arus penguatan (excitacy) pada exciter.

Generator unit 3 buatan China yang sering mengalami gangguan

Apabila tegangan output Generator melebihi tegangan nominal generator sambung Rian, maka AVR akan mengurangi arus penguatan pada exciter.

“Dengan demikian apabila terjadi perubahan tegangan output Generator akan dapat distabilkan oleh AVR secara otomatis. Tapi karena AVR rusak maka secara otomatis mengalami perubahan beban  sehingga berimbas pada melemahnya tegangan output generator ,” Terangnya.

Dengan kembali  berfungsinya  AVR pada unit 3, kata Rian, maka ada penambahan tegangan sekitar 1,5 hingga 2 Mega Watt dari normal 2,5 MW pada unit tiga ditambah 2,5 MW pada generator 4 sehingga nyaris sama dengan daya unit 4 dan 5 sebesar 5 MW.

“Artinya sudah melebihi beban puncak sebesar 9,2 Mega Watt kebutuhan listrik pelanggan PLN di Kabupaten Manggarai. Dengan demikian tidak ada lagi pemadaman bergilir,” Ujar Rian Puspratomo.

Ia berharap, AVR yang baru diperbaiki bisa tahan lama. Hal itu menurut Rian tergantung pada faktor ekternal. Menurut Rian, makin sering terjadinya pemadaman akibat kabel jaringan bersentuhan dengan ranting atau tertimpa pohon pada jalur express feeder dari PLTP Ulumbu ke PLTD Wae Palo maka akan menimbulkan kerusakan pada unit pembangkit.

“Kalau hal serupa terjadi lagi maka butuh waktu lama untuk perbaikan apalagi AVR unit 3 merupakan buatan China, dan spare partnya hanya ada di china. Itupun harus indent dulu kalau mau pengadaan baru,” Tukasnya. (js)

Tag: