Wabup Viktor Madur Buka Festival Seni Dan Budaya Di Ruteng

floressmart.com—Gelaran festival seni dan budaya Manggarai resmi dibuka Wakil Bupati Viktor Madur, Sabtu malam 22 Oktober 2016. Untuk diketahui, festival yang berlangsung hingga 30 Oktober 2016 itu dihelat dalam rangka memeriahkan HUT Sumpah Pemuda.

Wabup Viktor dalam sambutanya mengapresiasi gebrakan Forum Pemuda Manggarai yang berani menggagas kegiatan yang akan berlangsung selama sepekan itu.

“Saya bangga dengan orang muda Manggarai yang memiliki atensi pada kearifan lokal. Ini sebuah bukti orang muda kita tidak lupa diri dikala zaman terus menggerus nilai-nilai budaya,” Ungkap Wabup Viktor.

natal dalam berita

Berharap kegiatan serupa menjadi event tahunan

“Saya kira untuk kegiatan positif semacam ini pemerintah akan mendukung adik-adik ke depanya. Saya berharap festival seni dan budaya dijadikan agenda tahunan Pemda bersama kaum muda Manggarai,” Tambah Viktor Madur.

Pada kesempatan yang sama penanggungjawab festival, Nik Theobald Deky mengatakan kegiatan tersebut awalnya terseok-seok namun terlaksana juga meski hanya mengandalkan spirit besar berbagai pihak yang tergabung dalam Forum Pemuda Manggarai.

“Menyedihkan jika orang muda tak berdaya apalagi tidak berbudaya. Kegiatan ini digerakan oleh spirit rela berkorban dan kekompakan orang muda. Terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam acara ini,” Kata Nik Deky.

“Kita memberi kesempatan bagi masyarakat untuk berkreasi di atas panggung ini selama sepekan ke depan,” Imbuhnya.

Pantauan floressmart.com, malam pembukaan festival berlangsung cukup meriah. Sejumlah tarian adat Manggarai, koreografi modern, puisi dan theater dipentaskan di hadapan ratusan penonton di lapangan Motang Rua Ruteng. Orchestra SMP St. Fransiskus Ruteng sebagai penampil pertama.

Wakil Bupati Viktor Madur juga sempat meninjau galeri foto yang dipamerkan di belakang panggung utama Mota Rua.

Diberitakan sebelumnya, dalam festival seni dan budaya ini Forum Pemuda menyelenggarakan sejumlah kegiatan yakni pameran foto, graffiti/mural, pameran lukisan, workshop seni, pementasan musik, diskusi budaya, lelang karya, pesta lukisan anak, pementasan puisi dan tarian tradisional serta pementasan theater modern dan tradisional ditambah permainan edukasi. (js)

Tag: