Mengintip Serunya Kuis “Pintar’ Primagama Di Festival Seni Dan Budaya Manggarai

floressmart.com—Lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) Prigama cabang Ruteng Mangarai Nusa Tenggara Timur menggelar kuis pintar tingkat Sekolah Dasar (SD),Senin 24 Oktober 2016.

Kuis bernama Rangking I ini mirip dengan yang pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta tanah air. Bertempat di lapangan Motang Rua Ruteng, acara tersebut berlangsung selama 6 jam diikuti oleh utusan dari 21 SD se Kecamatan Langke Rembong.

Pihak penyelenggara menjelaskan, acara tersebut bertujuan untuk membangun spirit kompetisi pada murid SD di kota Ruteng dan mengubah kebiasaan belajar ketika menghadapi ulangan saja atau ujian.

natal dalam berita

Nino Marselo Turuk, juara kuis Rangking I berpose bersama pimpinan dan staf Lembaga Bimbingan Belajar Primagama Ruteng

“Kita mau dengan hal-hal positif bisa menembus batas keadaan. Primagama mencoba menghadirkan terobosan lain yakni membawa anak-anak kita keluar dari keadaan yang rendah kompetisi menuju ruang beradu ilmu pengetahuan,” Terang Martina Natal, host acara kuis tersebut.

Kuis pintar ala Primagama ini dikemas cukup menarik, terbagi dalam empat babak yakni babak ulangan harian, tengah semester, ujian semester serta babak ujian nasional ditambah babak bonus.

“Pesertanya ada 78 orang dibagi dalam dua gelombang, gelobang pertama 34 dan sisanya bermain pada gelobang kedua. Dua gelombang ini berhak mengikuti babak ulangan harian. Peserta yang melewati babak ulangan harian diuji lagi dalam babak ujian tengah semester dengan pertanyaan yang lebih berat dari babak sebelumnya. Dan peserta dari dua gelombang yang lolos dari babak tengah semester akan digabungkan dalam babak ujian semester. Tadi ada 21 peserta yang lolos ke ujian semester,” Urai Martina.

“Selanjutnya 21 peserta dikasi pertanyaan lagi untuk mencari dua orang dengan nilai tertinggi. Dua peserta yang tembus ke babak ujian nasional dibatlekan. Siapa dari dua peserta yang skor tertinggi,dia yang berhak melaju ke babak bonus,” Terang Martina.

Pemenang Dapat Hadiah

Dikatakan Martina, kuis tersebut akhirnya dimenangkan oleh Nino Marselo D. Turuk murid kelas VI SDK Ruteng V. Sementara Lola Sakuera teman satu sekolah Marselo puas menduduki runner up dibabak ujian nasional.

“Peraih Rangking 1 mendapatkan bonus uang, sertifikat, piala serta  mendapat beasiswa gratis mengikuti bimbingan belajar selama satu tahun di Bimbel Primagama Ruteng,” Ujar Martina.

Untuk diketahui, kuis pintar ala Primagama ini merupakan bagian dari acara festival seni dan budaya yang diselenggarakan Forum Pemuda Manggarai dalam rangka HUT Sumpah Pemuda. Forum Pemuda Manggarai menggelar dua kegiatan besar yakni turnamen sepak bola Bupati Mangggarai Cup 2016 yang sedang dilangsungkan di stadion Bangka Leda serta festival seni dan budaya. Dua jenis perhelatan tersebut berakhir pada 28 Oktober 2016 mendatang. (js)

Tag: