Mimpi Dua Anak Manggarai Jadi Divemaster

floressmart.com—Wajah  Marselinus Dedi (24) dan Yohanes Narsi (22) tampak sumringah. Keduanya bahagia setelah resmi menjadi master selam Scuba (divemaster) melalui proses pelatihan dan pendidikan yang dilaksanakan oleh Professional Association of Dive Instructor (PADI).

Mereka ditraining di Divine Diving Komodo Flores selama 10 bulan. Divine Diving Komodo merupakan sebuah perusahaan selam rekreasi dengan peringkat PADI bintang lima di Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.

Divemaster atau master selam scuba merupakan level pertama karir profesional dalam dunia selam sebelum menjadi guru menyelam (dive instructor).

Tahap ini merupakan “puncak” dari proses pelatihan dari level selam perairan terbuka (open water diver), level advans perairan terbuka (advance open water diver), pelatihan tanggap darurat (emergency 1st response/EFR) dan penyelam “rescue”.

“Saya merasa bangga atas perjuangan yang saya tempuh selama ini. Impian yang tertanam sejak 2013 akhirnya terwujud di tahun 2016 ini,” ujar Marselinus Dedi, atau pria yang akrab disapa Selo itu di Labuan Bajo Senin 14 November 2016.

Baca juga  Ini Motif Dan Skenario Pembunuhan Idris Menurut Pelaku

“Saya tidak akan berhenti sampai di sini karena masih banyak hal yang perlu dipelajari dalam dunia selam rekreasi profesional, ” Imbuhnya.

Pencinta musik RAP itu menambahkan, orang muda Manggarai Raya perlu masuk dalam dunia pariwisata khususnya selam rekreasi. Sebab, profesi divemaster menjanjikan masa depan yang lebih baik di Labuan Bajo, Flores.

“Peluang besar untuk bekerja sebagai divemaster karena alam Flores, khususnya Taman Nasional Komodo menawarkan keindahan yang luar biasa dan menjadi rahmat bagi semua pencintanya, “ tutur Selo.

Yohanes Narsi, atau yang akrab disapa Hans menambahkan, para saudara/i terutama yang masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah kejuruan jangan pernah takut untuk memasuki dunia selam rekreasi.

“Bidang ini cukup menjanjikan. Saya berharap ke depan para divemaster lokal semakin lebih baik untuk menjawab tantangan di dunia pariwisata NTT, ” ucap pria asal Dahot, Manggarai Barat itu.

Capaian level divemaster ini bagi keduanya menjadi kado terindah bagi kedua orang tua yang selama ini memotivasi semangat mereka untuk bekerja di industri pariwisata.

Baca juga  ULP Manggarai Barat Dinilai Baik oleh KPK

Divemaster

Divemaster (DM) merupakan level pertama yang digunakan dalam selam rekreasi  bagi mereka yang dilatih dan dididik untuk membimbing dan memimpin para tamu menyelam. Biasanya satu DM menangani empat orang tamu selama mereka melakukan penyelaman selama maksimum 1 jam.

Kualifikasi pelatihan ini disiapkan oleh ragam agensi professional di antaranya PADI (Profesional Assioation of Dive Instructor), SSI (Scuba School International), CMAS (Confédération Mondiale des Activités Subaquatiques), dan sebagainya.

Para master selam scuba akan bekerja lebih dekat dengan para instruktur sembari meningkatkan keterampilannya di bawah air misalnya kemampuan penyelamatan (rescue) dan penyelesaian masalah manakala terjadi masalah di bawah air.

Itu sebabnya, divemaster membutuhkan pengetahuan, manajemen, dan kemampuan memimpin agar dia menjadi contoh bagi sesame penyelam khususnya para tetamu.

Di Labuan Bajo, beberapa perusahaan selam rekreasi yang tergabung dalam Dive Operator Community Komodo di antaranya Wicked Diving, Blue Marlin, Manta Rhei, Uber Scuba, Divine Diving, Dive Komodo, Komodo Dive Center, Flores Dive Center dll, memakai sistem pelatihan dari PADI dan SSI untuk mendidik para divemaster lokal maupun internasional untuk menjadi pemandu selam handal.

Baca juga  Hebat,Dua Siswi Peserta UN SMP Asal Satar Mese dapat Nilai 100 Matematika

Harga pelatihan ini bervariasi tergantung pada lamanya kursus diambil. Umumnya rentangan harga kursus divemaster berkisar antara Rp 13 juta sampai 17 juta per orang sampai kursus selesai.

Menyelam di Komodo

Sudah jamak dikenal, Taman Nasional Komodo (TNK) menjadi salah satu area selam terbaik yang diakui para penyelam asal Eropa, Amerika, Australia dan Asia. Beberapa lokasi menyelam favorit itu di antaranya Batu Bolong (bagian tengah Taman Nasional), Castle Rock dan Karang Makasar disebut-sebut menawarkan keindahan bawah air yang tiada duanya di dunia.

Beberapa situs viral memberi peringkat menggembirakan untuk beberapa lokasi selam itu di antaranya Trip Advisor, Scuba Advisor dan divezone.com. Tentu, dengan menggeliatnya bisnis wisata selam rekreasi di Labuan Bajo memacu anak muda local untuk melihat peluang dalam bidang ini. (jo/am/jk/dd)

Beri rating artikel ini!
Tag: