Jelang Misa Natal, Gereja-gereja Di Ruteng Disteril

floressmart.com—Untuk memberikan rasa aman bagi umat Kristiani yang akan melaksanakan ibadat misa Natal tanggal 24 dan 25 Desember 2016, aparat kepolisian dari Brimob Sub Detasemen B Ruteng bersama anggota Polres Manggarai Nusa Tenggara Timur melakukan sterilisasi Gereja-gereja, Sabtu (24/12/2016).

Dari pantauan floressmart.com, pemeriksaan pertama dilakukan di Gereja Katedral. Polisi menggunakan pendeteksi logam (metal detector) memeriksa bagian altar dan tempat duduk umat di dalam dan di bagian luar Gereja.

Baca juga  Idul Adha 1437 H, Panitia Sembelih 57 Hewan Kurban Di Ruteng

Kabag Ops Polres Manggarai AKP. I Putu Surawa yang memimpin kegiatan tersebut menjelaskan, sterilisasi tempat ibadat ini bertujuan untuk memberi rasa aman bagi umat Nasrani yang akan melaksanakan misa malam Natal dan perayaan Natal 25 Desember.

“Sterilisasi akan dilakukan marathon di gereje-gereja Katolik dan Kristen,” Ujar AKP. Putu di sela-sela pemantauan kegiatan sterilisasi.

Baca juga  Andrianus Garu: Timor Leste Caplok Wilayah karena RI Tak Tegas

Ditambahkan Putu Surawa, selepas sterilisasi, pihaknya langsung menempatkan personil pengamanan misa Natal di setiap Gereja. Pengamanan melibatkan anggota TNI, POL PP serta petugas Dinas Perhubungan.

“Aparat keamanan dan perangkat tambahan yang bertugas selama pelaksanaan operasi Lilin Turangga 2016 sudah siaga di titik-titik penugasan,” Kata AKP. Putu.

AKP. Putu Surawa menjelaskan, pengamanan tempat ibadah juga berlaku bagi sejumlah Gereja di kecamatan di luar kota Ruteng.

Baca juga  Korban Wae Musur Ditemukan Tewas,Satu Masih Hilang

“Di kecamatan lain juga sama, ada pengamanan gabungan Polri dan TNI dari level Polsek,Pospol serta Koramil,” Imbuhnya.

Operasi Lilin Turangga 2016 untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung dari 23 Desember 2016 hingga tanggal 1 Januari 2017 mendatang. (js)