Perang Lawan Sampah, DLH Manggarai Gandeng Kelurahan

floressmart.com—Dinas Lingkungan Hidup akan menggandeng kelurahan-kelurahan di Ruteng untuk mengangani kebersihan.

Mengawali kerja sama ini DLH Manggarai menyerahkan satu unit motor roda tiga pengangkut sampah dan mesin pemotong rumput kepada kelurahan yang mendukung program “perang” melawan sampah.

“Pada tahap pertama ini kami bekerja sama dengan kelurahan Bangka Watu. Perjanjian pinjam pakai dan penyerahan peralatan kebersihan sudah dilakukan,”Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Marsel Gambang,Sabtu 21 Januari 2017.

Baca juga  Ketika Pedagang Mengurai Soal di Pasar Inpres Ruteng

Dinas Lingkungan Hidup kata Marsel, mempersilahkan para lurah untuk memungut tarif pengambilan pengangkutan sampah dari rumah-rumah penduduk. Iuran sampah menurutnya untuk menggaji petugas kebersihan yang direkrut oleh kelurahan.

“Perda No 2 Tahun 2013 mengatur besaran tarif sampah yakni Rp 2000 rupiah. Namun jumlahnya sudah tak relevan lagi dengan kondisi saat ini. Silahkan Lurah buat kesepakatan dengan RT mau pungut berapa di luar Perda,”Imbuhnya.

Baca juga  Selain Longsor,Waspadai Ini Di Jalur Ruteng-Reo

Kedepan sambung dia, pihaknya akan menjajaki kerja sama serupa dengan kelurahan lainya. Kadis Gambang juga berencana akan menghimpun BUMN di Ruteng untuk berkontribusi mendukung kerjama ini.

“Kalau Bank NTT sudah bantu roda tiga tahun lalu (tahun 2016) yang lainya kita minta turut berpartisipasi,” Ujarnya. (js)

Tag: