Empat Bocah Di Rambe Wae Ri’i Tewas Di dalam Lubang Jamban

floressmart.com—Lubang jamban yang belum terpakai di dusun Rambe Desa Compang Ndehes Kecamatan Wae Rii Manggarai Flores memakan korban. Empat orang anak meregang nyawa di situ. Tiga perempuan satu laki-laki.

Keempatnya ditemukan tewas di dalam lubang jamban yang dipenuhi genangan air hujan,Kamis siang 23 Maret 2017. Kuat dugaan, para korban meninggal saat mandi di dalam galian berdiameter 2,5 meter serta dalam sekitar empat meter ini.

Para korban masing-masing bernama Tarsi Oktavianus Jenarut (6) tahun, Merci Mangkut (6), Rila Lalut (6) serta Jelania Senul (6) tahun. Seluruh korban merupakan murid kelas Satu Sekolah Dasar Inpres Ledang.

Baca juga  Siapa Kerangka Manusia Yang Ditemukan Di Desa Gulung?

Tidak ada saksi mata yang melihat para korban menuju lubang “maut” ini. Timotius, pemilik jamban saat kejadian juga sedang bekerja di kebun.

Namun keberadaan jasad di dalam kolam jamban pertama kali dilihat oleh seorang anak bernama Martinus Darwin. Bocah 5 tahun itu hendak Mandi di kali. Kebetulan lubang jamban itu berada di pingir jalan menuju tempat pemandian umum.

Baca juga  Pemuda di Ruteng Tewas Bakar Diri, Tragisnya Lagi, Aksi Bunuh Diri Ini Disaksikan Bapaknya

“Martinus berteriak-teriak memberitahukan ada yang mengambang dipermukaan air. Warga yang berdekatan lokasi kejadian berlarian dan mengangkat para korban dari dalam lobang jamban. Ditemukan sekitar pukul 13.30 WITA,” Kata Kepala Desa Compang Ndehes, Lengsiana Simomo ditemui di salah satu rumah duka Kamis malam.

“Orang tua mereka bilang anak-anak ini belum sempat pulang rumah selepas jam sekolah,”Tuturnya menambahkan.

Dikatakan Kades Simomo, dari empat anak yang dikeluarkan dari dalam lubang jamban, hanya satu orang yang sempat bernapas yakni Merci. Namun hanya dalam hitungan detik Merci akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Baca juga  Haru, Acara Pemakaman Wartawati Yang Dibunuh Suami

“Merci sempat memuntahkan lumpur dan busa namun setelah itu ia meninggal,” Tambahnya.

Meski semuanya meninggal di lokasi kejadian namun jenazah empat korban ini sempat dibawa ke RSUD Ruteng untuk keperluan autopsi.

Sejumlah saksi juga telah dimintai keterangan di Mapolres Manggarai. Sementara itu tempat kejadian telah dipasang garis polisi.

Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Wabup Viktor Madur mendatangi kampung Rambe, Kamis malam. Keduanya  menyambangi satu per satu rumah duka untuk melayat para korban.(js)

Tag: