Sensasi “menangkap” Sunrise Dari Atas Bukit Mbohang Flores

Menyaksikan matahari terbit dari atas bukit Mbohang Flores. (photo : Villa Alam Flores)

Floressmart—Semburat merah tampak terang di langit Timur persis di atas pegunugan Mandusawu pagi hari. Perlahan, surya berarak pelan dengan gradasi warna bagai lukisan di bawah horizon. Ini salah satu fakta tentang pesona yang bertengger di atas puncak Lingko Karot Mbohang Desa Bulan Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur.

Jangan urung merentangkan tangan dan pejamkan mata sejenak sambut mentari yang mendaki pelan. Ambil kamera mu dan abadikan momen emas ini. Tentang sensasi”menangkap” sunrise di saat hari masih terang tanah juga harus dimasukkan ke dalam catatan spesial Anda. Menyaksikan matahari terbit dari atas bukit Mbohang paling top dari pukul 06.00-06.15 WITA.

20170328_173213

Hamparan sawah hijau di sentara persawahan Kecamatan Ruteng

Surya terus bergerak naik hingga cahayanya tegak di atas permadani hijau di sentra persawahan sawah Lodok, destinasi kesohoran Kecamatan Ruteng serta birunya laut Sawu yang tenang bikin sanubari berdetak. Dari sudut Barat bukit kita masih melihat terang dataran Lembor hingga perairan Nangalili  Manggarai Barat.

Baca juga  Seribu Penari Ndundu Ndake Sambut TdF 2017

Hawa dingin bukit Mbohang tak lantas melunturkan rasa betah walaupun sesekali awan tipis menutup langit namun kemudian cerah kembali ditemani suara burung dan ayam hutan. Sulit rasanya memendam kagum menikmati pesona dari ketinggian lebih dari 1000 Mdpl.

IMG-20170329-WA0059

Semburat warna jingga dari balik bukit saat sunset

Di ujung hari, barisan bukit terpapar cahaya jingga, tanda surya hendak tenggelam. Saya terpana menatap silau lembayung  kekuningan bias memanjang di punggung bukit di ufuk barat hingga Poco Kuwus yang seolah bertindak meneguk habis cahaya disusul kabut putih melenggang pelan menghapus mentari.

Baca juga  Bupati Deno Kamelus di Festival Ranaka: Pariwisata Prime Mover Ekonomi

Berjarak sekitar 26 kilo meter dari kota Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai, perjalanan menuju bukit Mbohang ditempuh kurang dari satu jam menggunakan mobil atau sepeda motor.

Sementara bagi yang memulai pelesiran dari Labuan Bajo Manggarai Barat butuh waktu 3,5 jam. Nanti di Anam Desa Bulan ambil kiri atau kanan dari Ruteng jalan terus mengikuti jalan aspal menanjak sampai di perbukitan.

IMG-20170329-WA0046

Motor trail dan motor roda empat dipakai untuk menjelajahi perbukitan

Villa Alam Flores

Seumpama ingin menginap sangat bisa kawan, sudah ada  villa bagus di situ, namanya Villa Alam Flores. Selain tidur, penginapan ini dilengkapi banya rupa  spot untuk berfoto serta caption dalam bahasa lokal yang didesain begitu ciamik. Villa Alam Flores memanjakan hari bertualang anda.

Baca juga  Tentang Segelas Kopi, Obrolan Politik, Dan Topeng Sosial

Berada di atas lahan seluas 10 hektar, Villa Alam Flores, tidak saja sebagai titik transit bagi penjelajah Nusa Bunga Flores, tapi  tempat ini sering dipakai untuk kegiatan outbound juga private meeting.

 

Selain berada pada jalur itenerari menuju kampung adat Wae Rebo yang sudah mendunia, Villa Alam Flores juga berdekatan dengan Sawah Lodok (sawah berbentuk jaring laba-laba). Jadi, sangat direkomendasikan jika bukit Mbohang masuk dalam daftar liburan anda. (js)