Seluruh SMK Di Manggarai Gelar Lomba LKS dan Keahlian

floressmart.com—Keberadaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan mampu mengurangi tingkat pengangguran. Untuk itulah pemerintah terus memperkuat kapasitas SMK yang diproyeksi bakal melahirkan sumber daya manusia yang handal,professional,terdidik dan siap kerja.

Untuk menjawab keinginan dari pemerintah, maka para pemangku kepentingan (stake holder) bidang SMK mengadakan lomba antar SMK tingkat Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur.

Lomba antar SMK diawali dengan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang telah dilaksanakan 1-8 April 2017 sementara enam jenis lomba keahlian dilakukan setelah LKS.

Baca juga  Ini Motif Dan Skenario Pembunuhan Idris Menurut Pelaku

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) sekaligus penanggungjawab lomba, Wilhelmus Bastian mengatakan, lomba antar SMK merupakan event nasional yang rutin dilaksanakan tiap tahun.

“Lomba SMK tiap tahun dilaksanakan sebagai ajang untuk menguji bakat dan kemampuan siswa juga untuk mengukur kualitas lembaga pendidikan SMK di seluruh Indonesia,”Kata Wilhelmus dalam sambutanya di halaman SMKN 1 Wae Ri’I saat membuka LKS, Senin 10 April 2017.

Baca juga  Soal UN Sudah ada, 66 SMP di Manggarai Siap Laksanakan UN

Ia menjelaskan, kegiatan lomba diikuti oleh 12 SMK se kabupaten Manggarai dengan bidang lomba terdiri dari lomba Ketrampilan siswa,Gebyar SMK, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN),Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Festival Inovasi dan Kewirausahaan (FIKSI).

“Juara satu akan mewakili Kabupaten Manggarai untuk mengikuti lomba tingkat propinsi NTT awal Mei 2017. Diharapkan utusan dari Manggarai bisa juara di Kupang untuk selanjutnya mengikuti lomba serupa tingkat nasional di Solo Jawa Tengah pada 20 Mei 2017,”Cetusnya.

Tari Rangkuk Alu, persembahan dari SMK Sadar Wisata Ruteng dalam acara pembukan loma antar SMK se Kabupaten Manggarai

Seperti disaksikan floressmart.com, pembukaan kegiatan lomba antar SMK ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Kepala Seksi SMK Unit Pelaksana Teknis( UPT) Dinas Pendidikan Propinsi NTT wilayah VII Manggarai. Sedikitnya 700an orang hadir dalam acara ini.

Baca juga  Smansa Langke Rembong dan SMP Imacullata juarai Primagama Mencari Juara 2017

Untuk menyemarakan acara sejumlah tarian juga disajikan, seperti Rangkuk Alu dari SMK Sadar Wisata Ruteng dan tari Toto Molas Rowang persembahan sanggar SMK St Petrus Ruteng. (js)

Tag: