Soal UN Sudah ada, 66 SMP di Manggarai Siap Laksanakan UN

floressmart.com—Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai telah menerima soal Ujian Nasional (UN) SMP dan Masdrasah Tsanawiyah (MTs) serta paket B pada hari Jumat 21 April 2017. Sebanyak 45 dus soal UN yang dikirim dari Dinas Pendidikan Propinsi NTT itu diangkut menggunakan truk dikawal dua orang anggota Polda NTT.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Fransiskus Gero mengatakan, seluruh soal UN ini akan diperiksa. Pemeriksaan kata dia juga melibatkan anggota Polres Manggarai.

Baca juga  Penipuan Berkedok Proyek Terkuak,Staf Dinkes Manggarai Dipolisikan

“Selama berada di sini (Dinas Pendidikan) soal UN dijaga anggota Intelkam Polres Manggarai. Soal UN akan disortir untuk mengetahui lengkap atau belum. Kalau nanti ditemukan ada kekurangan soal UN segera kita laporkan ke Kupang,”Ujar Gero, Sabtu 22 April 2017 di ruang kerjanya.

Dikatakan Kabid Gero, soal UN akan didistribusikan serempak ke 64 sekolah pelaksana UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil) pada akhir April ini.

“Tanggal 28 April 2017 mulai pendropingan soal UN. Kita distribusinya serempak,” Ucap Gero.

Baca juga  Seluruh SMK Di Manggarai Gelar Lomba LKS dan Keahlian

Gero menjelaskan, jumlah peserta Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dan Madrasah se Kabupaten Manggarai tahun 2017 berjumlah 7.861 orang termasuk Paket B.

Sesuai jadwal pelaksanaan UN berlangsung selama empat hari yaitu tanggal 2,3,4 dan 8 Mei 2017 mendatang.

“Empat mata pelajaran UN masing-masing IPA,Bahasa Inggris, Matematika dan Bahasa Indonesia,”Tambahnya.

Untuk diketahui, dari 66 sekolah pelaksana UN hanya dua SMP yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yaitu SMPN 1 dan SMPN II Langke Rembong.

Baca juga  Atasi Masalah Sampah,Ini Terobosan Marsel Gambang

 

Persiapan?

 

Dinas pendidikan Kabupaten Manggarai memastikan pihaknya siap menyelenggarakan Ujian Nasional termasuk dua sekolah pelaksana UNBK yakni SMPN I dan SMPN II. Sejauh ini tidak ada kendala selama uji coba server serta simulasi pengisian data peserta UN oleh pruktor (pengendali server).

“Secara umum 66 sekolah itu sudah siap melaksanakan UN. Meskipun UNBK merupakan tahun pertama bagi Kabupaten Manggarai namun kita pastikan UNBK di SMPN I dan SMPN II Langke Rembong bakal berjalan lancar,”Tambah Fransiskus Gero.(js)

Tag: