Kembali Beroperasi,Warga “Serbu” Kantor Dukcapil Manggarai

Aktifitas perekaman E-KTP, Kartu Keluarga dan berbagai akta sudah normal kembali. Tim IT Ditjen Dukcapil Kemendagri telah memperbaiki perangkat SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) paska terbakarnya kantor Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil, Kamis pekan lalu.

Layanan pembuatan dokumen kependudukan sementara waktu menggunakan dua ruangan di kantor bupati Manggarai di Jalan Motang Rua Ruteng.

Baca juga  Tim Puslabfor Denpasar Selidiki Kebakaran Kantor Kejari Ruteng

Pantauan media ini Senin 19 Juni 2017, warga sejak pagi langsung memenuhi ruangan bekas kantor Satpol PP di lantai satu. Situasi berdesak-desakan tak terhindarkan akibat kecilnya ruangan.

Tak hanya dipenuhi orang dewasa, ruangan itu juga disesaki anak-anak tamatan sekolah dasar yang hendak melegalisir akta kelahiran sebagai syarat masuk SMP. Sementara pimpinan dan staf Dinas Dukcapil terpaksa “ngantor” tanpa meja kursi.

Baca juga  Geger, Penemuan Mayat Di Bangka Leda Ruteng

Kepala Dinas Dukcapil Manggarai, Anton Kanja berkata, pelayanan memang belum optimal lantaran kekurangan komputer klien dan alat perekam E-KTP.

“Ini perangkatnya tak lebih dari 10 komputer dan dua alat perekam E-KTP itupun perangkat yang dipakai ini pinjam dari sejumlah kecamatan. Normalnya kita butuh 100an computer dan belasan alat rekam E-KTP,” ujarnya.

Baca juga  “Apa Jadinya ini Republik, Tuan Presiden?”

“Kalaupun kita berdiri tak masalah yang penting pelayanan pembuatan dokumen kependudukan mulai berjalan,” tambahnya. (js)

Tag: