Sambut Idul Fitri, Umat Muslim di Ruteng Gelar Takbiran

Kementerian Agama menetapkan perayaan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, jatuh pada Minggu, besok, 25 Juni 2017. Penetapan ini menyesuaikan hasil sidang Isbat yang selesai digelar di Kementerian Agama.

Usai sidang Isbat, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sekaligus mengumumkan bahwa malam ini, Sabtu (24/6) umat muslim sudah bisa melaksanakan takbiran.

Baca juga  Manisnya Ngabuburit Di Pusat Buah Dan Pemancingan Ikan Nanga Woja

Di Ruteng Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur, sekitar seribuan umat muslim yang berkumpul di depan Masjid Baiturahman langsung melaksanakan takbiran usai penetapan 1Syawal 1438 H.

Disaksikan media ini, acara takbiran dimulai sekitar pukul 19.52 WITA dengan titik star depan Masjid Agung Baiturahman.

Iring-iringan kendaraan berjalan tertib dibawah pengawalan pihak kepolisian. Gema takbir¬†“Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, Walillahilham” dikumandangkan saat mengelilingi kota Ruteng.

Baca juga  Kasat Reskrim Minta Jatah 2,5 Persen Dari Pagu Proyek Rumah Murah, Dirut MMI : Saya Korban Pemerasan

Menariknya, selain dikawal aparat keamanan, konvoi kendaraan malam takbir juga melibatkan organasasi pemuda Gereja Katolik.

Pelaksanaan malam takbiran tahun ini tidak seramai jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Itu karena sebagian besar umat muslim merayakan lebaran di daerah asal masing-masing. (js)

Tag: