Jawara TdF 2016, Juarai Etape Kelima Tour de Flores 2017, Race Borong-Ruteng

Daniel Whitehouse dari CNN Cycling Team (Laos) menjuarai etape kelima lomba balap sepeda jalan raya internasional Tour de Flores 2017, dari Kota Borong Manggarai Timur  ke Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai,  Flores, Nusa Tenggara Timur , Selasa 18 Juli 2017.

Jawara Tour de Flores 2016, asal New Zealand ini, finis pertama untuk race sepanjang 55,5 kilo meter tersebut dengan catatan waktu satu jam, 42 menit, 75 detik. Race Borong-Ruteng ini diikuti 60 pebalap.

Sementara itu, pembalap Iran, Arvin Moazamigodarzi dari Pishgaman Cycling Team (Iran) finis di posisi dua dengan selisih waktu 1 menit, 53 detik di belakang Whitehouse. Sedangkan racer Indonesia muhammad Imam Arifin dari KFC CyclingTteam (Indonesia) harus puas pada peringkat tiga setelah menempel Moazamigodarzi dengan catatan waktu nyaris menyamai Moazamigodarzi.

Baca juga  Geger, Penemuan Mayat Di Bangka Leda Ruteng

Pemegang Yellow Jersey etape kelima, Thomas Lebas dari Kinan Cycling Team (Jepang) hanya finis di peringkat tujuh. Walaupun begitu, Lebas tetap mempertahankan Yellow Jersey dengan selisih hampir 5 menit dari pesaing terdekatnya Moazamigodarzi. Whitehouse sendiri melorot ke posisi 10 klasemen sementara dengan selisih waktu  lebih dari 13 menit dengan pemimpin klasemen umum yakni Thomas Lebas.

Sementara itu, gelar sprinter terbaik (Green Jersey) masih dipegang pebalap Korea Selatan, Hyeongmin Choe dari Geumsan Insan Cello (Korsel) memimpin dengan 13 poin. Klasemen sementara White Jersey dan Blue Jersey Asia Tenggara tetap dikuasai Imam Arifin yang juga perada di posisi tiga di klasemen umum.

Begitu pula dengan pebalap Spanyol, Edgar Nohales Nieto dari 7 Eleven Cycling Team (Filipina) masih mempertahankan gelar sebagai “raja tanjakan” dengan 44 poin, disusul Whitehouse dengan 29 poin dan Keisuke Aso dari Kinan Cycling Team (Jepang).

Baca juga  Ada Kebakaran Di Kantor Pengadilan Negeri Ruteng

Balapan Borong-Ruteng merupakan race yang paling ekstrim. Terdapat tiga titik tanjakan king of mountain (KOM), tanpa titik sprint. KOM pertama di KM 20,5 di Kharisma Sita. Tanjakan kategori dua ini berada di ketinggian 697 mdpl. Sementara tanjakan kategori satu berada di KM 33,1 di Ranamese dengan tinggi 1,240 mdpl. Di KM 46 masih ada satu tanjakan kategori empat.

Jalanya lomba

Lomba dimulai tepat pukul 11.00 WITA. Dua pembalap Indonesia dari tim KFC Cycling Team masing-masing Jamal Hibatullah dan Muhammad Abdurrohman mengambil inisiatif untuk memisahkan diri dari peloton bersama Nieto, sang juara etape 4, dan tiga pembalap lainnya.

Hasilnya dia berhasil lewati KOM pertama di posisi kelima. Di KOM kedua dan ketiga, Whitheouse berturut-turut berada di urutan kedua dan pertama.

Baca juga  Ada Dugaan Mark Up Dan PHO Fiktif Proyek RSUD Matim

Jamal dan Nieto menempel Whitehouse dengan ketat sampai puncak KOM kedua. Namun mereka berdua tidak mampu bersaing di KOM ketiga, dimana Whitehouse berhasil melepaskan diri untuk melaju sendirian. Pada 20 kilometer turunan terakhir menuju Ruteng, pengejar yang dipimpin Moazamigodarzi dan Imam Arifin berhasil menyusul Jamal dan Nieto. Pembalap Spanyol ini yang mengalami gangguan mekanis.

Whitehouse yang sendirian di depan tetap tidak terkejar oleh lawan-lawannya sampai garis finis depan Mapolres Manggarai pukul 12.44 WITA.

Etape keenam Ruteng-Labuan Bajo bakal dimulai pada pukul 09.00 wita, Rabu (19/7). Etape terakhir TdF 2017 ini berjarak 120,2 kilometer ditambah rute seremonial sepanjang 8,7 kilometer. (js)

Tag: