Antusiasnya Warga Golo Cador Nobar Film G30S PKI

Tidak sedikit warga spontan memaki kebiadaban PKI yang tersaji dalam adegan mengerikan pada film yang selama sepekan ini viral diputarkan di seluruh wilayah tanah air.

Disela-sela nonton bareng, Kades Golo Cador, Christian Unggas mengapresiasi langkah TNI terkhusus jajaran Kodim 1612 yang rela memutar film pemberontakan PKI di kampung Timung.

Baca juga  Ayo Indonesia: Desa 'Palang Pintu' Gempur Stunting

Menurutnya, penayangan film PKI bagi warga Desa Golo Cador terkhusus generasi muda di desanya dinilai sangat bermanfaat, sehingga sejarah kelam yang pernah mendera bangsa Indonesia tidak terulang lagi.

“Saya kira penayangan film ini membangkitkan rasa nasionalisme di kalangan muda sebegai generasi penerus bangsa ini,” ujar Kades yang biasa dipanggil Tian ini.

“Film PKI tidak hanya menyiratkan kisah upaya mengubah ideologi Pancasila menjadi paham komunis atau cara pengambilalihan kekuasaan dengan cara licik, namun lebih dari itu film ini membantu kita untuk mewaspadai pergerakan laten komunis pada masa yang akan datang,” Kata Kades Tian menambahkan.

Terpisah, Kapten Inf Musholi, pejabat Kodim yang mengawal acara nobar ini, menjelaskan, pemutaran film G30S PKI di Desa Golo Cador sekaligus menutup giat nobar yang berlangsung dari tanggal 22-30 September 2017.

“Ini malam terakhir pemutaran film di wilayah hukum Kodim 1612 yang meliputi Manggarai, Manggarai Timur serta Manggarai Barat. Secara umum, antusias masyarakat menonton film ini sangat tinggi. Terima kasih untuk semua pihak yang terlibat malam ini terutama Kades Golo Cador,” imbuh Musholi. (js)

Beri rating artikel ini!