Uskup Hubert Leteng Mundur, Paus Tunjuk Uskup Denpasar sebagai Plt Uskup Ruteng

Mgr Hubert Leteng

Floressmart.com– Kabar mengejutkan datang dari Vatikan. Hari ini, Rabu 11 Oktober 2017, Paus Fransiskus menerima pengunduran diri dari Uskup Ruteng, Mgr. Hubert Leteng.

Bapa Suci langsung mengangkat Uskup Denpasar Mgr. Silvester San sebagai Administrator Apostolik (Pelaksana Tugas) Keuskupan Ruteng. Kepadanya semua kewenangan dan tugas-tugas dari seorang uskup pada subjek wilayah yang berada dibawah kongregasi Propagande Vide.

Baca juga  Ada apa dengan Keuskupan Ruteng?

Demikian isi siaran pers yang diumumkan di istana Keuskupan Ruteng, Rabu pukul 18.00 WITA bersamaan dengan siaran pers di Vatikan oleh pastor Fabio Salerno, Pelaksana Tugas ad interim dari Nunciatura Apostolik di Indonesia.

Sesudah membaca dekrit pengangkatan Mgr. Silvester San, pastor Fabio Valerno selaku wakil tahta suci mengingatkan bahwa tugas-tugas Administrator Apostolik (Mgr. Silvester San) akan berakhir ketika Pontifice Romano mengangkat uskup Ruteng yang baru.

Baca juga  Jelang Misa Natal, Gereja-gereja Di Ruteng Disteril

Dalam siaran pers tersebut tidak disebutkan status Mgr. Hubert Leteng pasca pengunduran dirinya. Terpisah, Sekertaris Keuskupan Rm Manfred Habur, memastikan kebenaran isi pengumuman itu.

“ Ya benar kabar ini sah dari Sekertariat Keuskupan Ruteng,” katanya.

Diduga kuat, pengunduran Mgr. Hubert Leteng berkaitan dengan isu yang membelitnya dimana Leteng yang ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng, 7 tahun silam dikabarkan terlibat skandal dengan seorang perempuan serta tuduhan penggelapan uangmilik Keuskupan Ruteng senilai lebih dari Rp 1 miliar rupiah.(js)

Baca juga  Ada Indikasi Korupsi Pembangunan Kantor KPPTSP Manggarai, Tim Ahli Sudah Periksa Kerusakan Gedung
Tag: