BKKBN dan Komisi XI DPR RI Gelar Sosialisasi KIE di Ende Flores

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Pius Lutrilanang saat memaparkan materi KIE Kreatif di Kabupaten Ende Flores.

Floressmart—Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN) Kabupaten Ende Flores menyelenggarakan sosialisasi  KIE kreatif ( Komunikasi, Informasi dan Edukasi). Bertempat di aula Kecamatan Ende, sosialisasi KIE kreatif menghadirkan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Pius Lustrilanang sebagai salah satu pembicara.

Dalam kesempatan itu,  sekertaris BKKBN Kabupaten Ende, Kiemas Ketu, menyampaikan bahwa KB tidak hanya berbicara mengenai jumlah anak, tapi juga meyangkut kesejahteraan keluarga dan masa depan anak. Untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, kata Ketu, populasi penduduk mesti dikendalikan.

Baca juga  Panitia Penerimaan Murid Baru SMAN 1 Langke Rembong Palsukan SHUN Calon Murid

“Dengan mengikuti program KB masyarakat dapat merencanakan kelahiran anak sekaligus merencanakan masa depan anak melalui pendidikan anak yang memadai,” kata Ketu, Selasa 14 November 2017.

Sementara politisi senayan, Pius Lustrilanang, menekankan tugas orang tua dalam memberikan pendidikan bagi anak-anaknya. Kualitas pendidikan yang baik ucap Pius, sangat dipengaruhi oleh perekonomian masyarakat.

“Dengan mengikuti program KB akan menghemat perekonomian keluarga sehingga dapat menyisihkan kost untuk pendidikan anak,” papar Pius, yang hadir sebagai narasumber KIE kreatif.

Baca juga  Ini Alasan Mengapa Bupati Manggarai Raih Perpamsi Award 2017

Seperti disaksikan di penghujung acara peserta dihibur dengan pembagian dorprize.

Sehari kemudian, Rabu 15 November 2017, acara serupa juga digelar di Desa Putulando, Ende Tengah. Meski  sosialisasi program Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dilangsungkan dibawah guuran hujan deras namun kondisi ini tidak menyurutkan antusiasme peserta yang berjumlah lebih dari dua ratusan orang.

Tak beda dengan materi yang disajikan diberbagai kesempatan sebelumnya, Pius Lustrilanang mengajak paraorang tua untuk merencanakan masa depan. Menurut Wakil Ketua Komisi XI DPR RI ini, salah satu upaya menyelamatkan masa depan anak adalah pendidikan.

Baca juga  SDN Leda Kuwus Ambruk, KBM Di Rumah Warga

“Saya dimana-mana menyampaikan bahwa masa depan anak harus lebih baik dari orang tuanya, caranya tidak lain, anak-anak kita harus sekolah hingga perguruan tinggi,” cetusnya.

Dihari yang sama, sosialisasi KIE Kreatif dilaksanakan di Kecamatan Ende Timur. Sekretaris BKKBN Provinsi NTT, Mikael Minggu dalam kesempatan itu mengatakan, BKKBN bermitra dengan Komisi XI DPR RI dalam hal sosialisasi program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE).

Di Ende Timur, peserta sosialisasi dihibur oleh tarian tradisional dari siswi- siswi SMK St Petrus. (js)

Tag: