Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Natal, Bupati Deno Sidak OPD Cek Kehadiran ASN

Bupati Deno dan Wabup Madur Sidak di Dinas Perikanan dan Kelautan. (foto : floressmart)

Floressmart—Bupati Manggarai NTT, Deno Kamelus melakukan inspeksi mendadak ke setiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu 27 Desember 2017. Sidak yang dilakukan bersama Wakil Bupati Viktor Madur itu berlangsung dari pagi hingga siang.

Sejumlah pejabat eselon II termasuk Sat Pol PP juga ikut dalam giat pemeriksaan absensi pegawai di hari pertama masuk kerja usai liburan Natal 2017 ini.

Baca juga  Ini Alasan Mengapa Bupati Manggarai Raih Perpamsi Award 2017

Seperti disaksikan, Bupati Deno dan Wabup Madur terlebih dahulu memberi ucapan selamat Natal kepada pegawai di setiap OPD yang disambangi. Deno kemudian menyuruh Sat Pol PP menghitung para pegawai yang membolos.

Namun dari hasil pendataan Sat Pol PP, menunjukan, kehadiran pegawai di hari pertama masuk kantor terbilang cukup rendah.

“Ada belasan OPD yang kita datangi, yang di atas 50 persen hanya empat OPD yakni Dinas Pendidikan, Peternakan, Pertanian serta Perikanan dan Kelautan. Yang lainya dibawah 50 persen,” imbuhnya.

Baca juga  Berkantor di Desa, Bupati Deno Janjikan Listrik PLN Bagi Warga Enam Desa di Reok Barat

Dikatakan Bupati Deno, rendahnya disiplin kerja ASN memperkuat asumsi publik selama ini yang mengharuskan kepala daerah mesti mengetatkan aturan bagi para ASN.

“Disiplin ASN ini perlu terus didorong. Itu saja Prinsipnya karena kita harus melihat aspek tertentu dari pelaksanaan tugas ini yang kemudian kita bisa simpulkan apakah kita punya kesadaran cukup tinggi atau masih rendah,” sambungnya.

Baca juga  Paska Kebakaran ,Kemendagri Langsung Ganti Server SIAK Disdukcapil Manggarai

Meski ia kecewa karena rendahnya  kehadiran pegawai di hari pertama masuk kantor, namun Deno memilih tidak memarahi pegawai yang melanggar SOP.

“Dan ini Natal jadi tidak ada marah-marah ini. Kita kan kirim WA dan SMS to, damai di hati dan tinggal diantara kita. Jadi tidak boleh sidak kemudian marah-marah,” kata Deno bernada kelakar.

Ia pun berjanji akan terus mengevaluasi kinerja aparaturnya termasuk para ASN yang sering membolos. (js)

 

Tag: