8000 Orang Hadiri Pendaftaran Tarsi-Biron

Foto Tarsi-Biron mendaftar ke KPU Matim, Rabu 10 Januari 2018. (Photo : floressmart).

Floressmart– Koalisi PKPI, PKB dan Hanura mendaftarkan pasangan calon bupati dan wakil bupati, Tarsi Sjukur- Yosd Biron ke KPU Manggarai Timur, Selasa, 10 Januari 2018. Acara pendaftaran paslon dengan akronim TABIR ini dimulai pukul 14.00 WITA.

Pendaftaran pasangan Tarsi-Biron berjalan dalam nuansa budaya Manggarai. Tarsi Sjukur-Yos Biron yang mengenakan baju adat Manggarai Timur diarak dari tengah-tengah ribuan massa pendukungnya yang berkumpul di halaman aula Kevikepan Borong. Di belakang kandidat ini berbaris para pimpinan dan fungsionaris  Parpol pendukung.

Sementara puluhan tetua adat pendamping Tarsi-Biro mengenakan baju putih juga sarung songket. Selama perjalanan menuju kantor KPU yang berjarak sekitar 200 meter dari titik kumpul massa pendukung TABIR, rombongan yang mengantar paket ini tiada hentinya melantunkan syair adat.

Baca juga  Kentalnya Nuansa Suku Rembong pada Syukuran Akbar dan Launching Caleg PKS Matim

Tiba di kantor KPU di Kelurahan Golo Lada, seorang juru bicara menyerahkan ayam jantan merah dan kendi tuak kepada komisioner KPU. Usai melakoni ritus yang disebut Kepok ini dilanjutkan dengan pengalungan selendang kepada jajaran komusioner KPU. Dalam tradisi orang Manggarai, ritus Kepok merupakan simbol niat yang baik dan tanda permisi untuk tuan rumah.

Seperti yang disaksikan, proses pemeriksaan berkas syarat calon dan syarat pencalonan pasangan Tarsi-Biron berlangsung hampir 30 menit. Selanjutnya pasangan yang mendapat dukungan enam kursi DPRD ini dinyatakan sebagai salah satu pasangan peserta Pilkada serentak yang dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Baca juga  Kampanye Akbar TABIR di Borong Dihadiri 15 Ribu Orang

“Berkas pendaftaran paket TABIR diterima dan dinyatakan sah sebagai peserta Pilkada Manggarai Timur 2018,” kata Ketua KPU Manggarai Timur, Ambrosius Arifin disambut tepuk tangan hadirin.

Terima kasih untu pendukung 

Usai pendaftaran, calon bupati tarsi Sjukur mengaku terharu dengan kehadiran massa yang membludak. Ia memperkirakan massa yang hadir mencapai 8000 orang.

“Ini tanda yang baik untuk paket TABIR. Sebanyak delapan ribu orang hadir di hari pendaftaran. Mereka merupakan utusan dari sembilan kecamatan se Manggarai Timur” kata Tarsi saat jumpa pers.

Baca juga  Rumah ASET Diresmikan Secara Adat

Ia juga mengapresiasi kerja keras keluarga besar TABIR dan para pimpinan Parpol pendukung sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses.

“Kepada semua pihak yang terlibat saya ucapakan terima kasih. Sekaligus saya menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak KPU Matim yang telah menerima kami dengan baik,” tambahnya.

Sesuai tahapan KPU, hari ini merupakan hari terakhir pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati. Sejak dibuka dari tanggal 8 Januari kemarin, pasangan yang telah mendaftar berjumlah lima paket yakni Frans Anggal-Bone Uha, Agas Andreas-Jaghur Stefanus, Marselis Sarimin-Paskalis Siradjudin, Tarsi Sjukur-Yos Biron. Sejak berita ini dibuat proses pendaftaran pasangan Frans Sarong-Kasmir Don sedang berlangsung. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: