Cuaca Ekstrim Hantam Manggarai,Ratusan Rumah Warga Rusak

Rumah Singgah di Tambak Dalo yang rubuh akibat angin kencang (Photo : Melki Pantur).

Floressmart—Hujan lebat disertai angin kencang melanda Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur selama sepekan terakhir. Di sejumlah tempat dilaporkan diterjang  angin puting beliung yang menyebabkan rumah warga, sekolah dan tempat ibadat rusak parah.

Kepala Badan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kabupaten Manggarai, Libertus Habut mengatakan, cuaca ekstrim menyebabkan sedikitnya  205 rumah penduduk di Kecamatan Satar Mese, Satar Mese Barat dan Satar Mese Utara dilaporkan rusak parah diterjang angin puting beliung.

Baca juga  Selain Longsor,Waspadai Ini Di Jalur Ruteng-Reo

“Laporan bencana terus berdatangan. Untuk tiga kecamatan itu dilaporkan ada sekitar 205 rumah rusak, atap Gereja rusak dan tiga ruang belajar di SMAN 2 Satar Mese Utara rubuh. Kemudian rumah singgah milik Pemda Manggarai di lokasi tambak Dalo di Kecamatan Ruteng ambruk total,” urai Libertus Habut, Kamis 1 Februari 2018.

Mesi demikian, laporan tersebut akan dicek kebenaranya. Untuk itu Kalak Libertus akan menerjunkan stafnya ke tempat-tempat yang dilaporkan mengalami kerusakan.

Baca juga  Viktor Madur : Urusan Kemanusiaan Tidak Mengenal Batas Teritorial

“Kerusakan rumah, sekolah dan tempat ibadah berdasarkan laporan langsung dari masyarakat. Laporan-laporan itu sudah kita koordinasikan dengan camat dan kepala desa supaya segera dibuatkan laporan resmi sehingga BPBD segera mengambil langkah sesuai mekanisme yang ada,” ujarnya.

Tingginya curah hujan di Manggarai kata Libertus Habut juga menyebabkan tanah longsor di sejumlah ruas jalan. BPBD Manggarai mencatat, ada 15 titik longsor sempat menutup akses jalan di Kecamatan Cibal, Cibal Barat serta Kecamatan Wae Ri’i.

Baca juga  Setelah Anaknya Diperkosa Ayah Kandung, Ini Cerita 'mengerikan' Dari Sang Ibu

“BPBD bersama Dinas PUPR selama dua hari ini full di lapangan untuk membersihkan material longsor. Hari ini jalur transportasi yang sempat putus akibat longsor sudah kembali normal,” tambahnya. (js)

Tag: