Kopkardios Beri Pinjaman Khusus Pemasangan Listrik Bagi Anggota Tak Mampu

Manajemen Kopkardios foto bersama usai acara jumpa pers, Senin 12 Maret 2018 )photo : floresindpenden.com).

Floressmart—Sejak Tahun Buku (TB) 2017, manajeman Koperasi Karyawan Dioses (Kopkardios) Ruteng  telah menyalurkan pinjaman khusus kepada anggotanya yang kesulitan membayar pemasangan listrik. Kebijaka ini paling pertama  diberikan kepada 43 KK di Kampung Lewat, Desa Lawi Kecamatan Kuwus, Manggarai Barat.

“Ini bukti bahwa anggota menerima manfaat dari Kopkardios yang terus merespons secara nyata kebutuhan ril anggota sekaligus merupakan bagian dari perhatian dan kepedulian sosial untuk masyarakat. Salah satunya menetapkan kebijakan untuk memberikan pinjaman khusus kepada anggotanya yang kesulitan membayar uang pemasangan meteran listrik di rumah mereka,”ujar Ketua Kopkardios, Kanisius Theobaldus Deki  saat menggelar jumpa pers, Senin 12 Maret 2018.

Baca juga  SDN Leda Kuwus Ambruk, KBM Di Rumah Warga

Pria yang biasa dipanggil Nik Deki ini menambahkan,  Kopkardios juga ikut membiayai pengerjaan listrik di tempat lain termasuk pengadaan mesin pembangkit listrik tenaga hidromikro  di Elar dan membantu membiayai pengerjaan PLTMH di Paroki Bea Muring, Matim tahun 2016.

Dalam kesempatan itu,  Manajer Kopkardios, Paul J. Faran menjelaskan, sebanyak 43 rumah milik anggota di Kampung Lewat telah dipasang meterannya dan listriknya pun telah menyala. Paulus Faran merangkan, program serupa juga diberikan ke 22 rumah di TPK Nggari, Paroki Tanggar, Kecamatan Poco Ranaka, Matim, dan di Paroki Sok Rutung, Mabar, ada 33 rumah dari 51 anggota yang memasukkan permintaannya ke manajemen.

Baca juga  Ada apa dengan Keuskupan Ruteng?

“Untuk tahun 2018 kita alokasikan pinjaman khusus pemasangan listrik untuk 1000 anggota. Kita telah berkoordinasi dengan PLN untuk membantu merealisasikan program ini,”kata Faran.

Hadiri RAT TB 2017

Agar tahu saja, Kopkardios segera melaksanakan  RAT  TB 2017 pada hari Kamis (15/3) mendatang bertempat di Aula Maria Asumpta Paroki Katedral. RAT di Ruteng ini adalah RAT ke-18 atau terakhir selama tahun 2018 karena sebelumnya RAT telah dilaksanakan di sejumlah TPK lama termasuk di dua TPK baru yakni di Kawit Rama Paroki Sita dan Paroki Cancar.

Baca juga  Atasi Masalah Sampah,Ini Terobosan Marsel Gambang

Ketua Panitia RAT , Damasus Agas mengatakan panitia menyediakan berbagai undian bagi anggota agar bersemangat hadir mulai dengan mengundi tabungan pendidikan sebesar Rp 1.011.000 rupiah untuk setiap TPK, kemudian mengundi dua Simpanan Bunga Harian untuk setiap TPK masing-masing Rp 511 ribu dan Rp 261 ribu sebanyak 70 nomor tabungan. Bupati Manggarai, Deno Kamelus dipastikan hadir dalam RAT Tahun Baku 2017 ini.

“Hadiah utama yakni Tabungan Masa Depan senilai Rp 3.011.000. Paniatia menargetkan akan menghadirkan 800 anggota termasuk para pendiri Kopkardios,”kata Damasus (js)

Tag: