Memandu Debat Pilkada Matim, Presenter Cantik tvOne Jadi ‘Sasaran’ Selfie

Brigitha Manohara berswafoto dengan sejumlah pelajar di atas panggung debat (photo : floressmart)

Floressmart—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur melaksanakan debat publik terbuka untuk lima pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bertarung di Pilkada serentak 2018.

Berbeda dengan debat cakada di tempat lain, debat perdana yang dihelat di lapangan Pancasila Borong ibu kota Kabupaten Matim, Jumat 6 April 2018 ini terbuka untuk umum sehingga bisa disaksikan masyarakat selain pendukung masing-masing paslon yang datang bersama para kandidat.

Lima pasangan cabup cawabup yang berdebat masing-masing pasangan Andreas Agas- Jaghur Stefanus, kemudian pasangan Marselis Sarimin- Sirajudin Paskalis. Berikutnya, pasangan Cabup Cawabup Tarsisius Syukur- Yosep Biron Aur, pasangan Bonefasius Uha-Frans Anggal serta calon bupati dan wakil bupati pasangan Frans Sarong-Kasmir Don.

Brigitha Manohara saat memandu debat (photo :floressmart)

Debat dengan tema Menuju Tahta Rakyat ini dipandu presenter cantik sekaligus produser berita tvOne, Brigitha Manohara. Adapun  tiga orang panelis yang dihadirkan KPU Matim yakni romo Manfred Habur tokoh akademisi,  Robert Endy Jaweng dari Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) serta Lucius Karus, peneliti senior Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI).

Baca juga  26 Pejabat Eselon IIIA Di Ruteng Ikut Uji Kompetensi

Meski berlangsung dibawah panas terik namun debat yang terdiri dari enam segmen ini berjalan aman dan lancar. Nyaris tak ada dinamika selama debat. Pendukung masing-masing paslon juga tampak tertib. Disekitar area debat, aparat gabungan TNI Polri terlihat berjaga-jaga dengan senjata lengkap.

Sementara di atas panggung, Brigitha Manohara yang biasa menggawangi program Indonesia Business Forum di layar tvOne begitu piawai memandu enam segmen debat, mulai dengan mengulik visi misi, penajaman atas visi misi paslon, memandu pertanyaan panelis, mengatur lalulintas paslon saling bertanya hingga debat selesai.

Baca juga  Lagu Ngkiong yang Bikin Pendukung Menangis dan “NTT Menggugat” Pidato BKH yang Bernas

“Ini pengalaman pertama saya memandu debat cakada di lapangan terbuka. Animo masyarakat untuk menyaksikan debat ini luar biasa. Dan yang paling penting ialah debat ini berjalan aman dan tertib dibawah nuansa persaudaraan yang kental, baik antara sesama paslon juga para pendukung. Penyelenggaraan debat terbuka di Manggarai Timur sangat berkesan,” ujar Mano ketika diwawancarai awak media.

Baca juga  Deno-Madur Dilantik 17 Februari 2016

Usai debat, Manohara masih harus melayani banyak reques untuk foto bersama, baik dengan pasangan calon bupati dan wakil bupati, pendukung paslon, aparat keamanan serta pelajar yang mengisi acara seni di panggung debat. Presenter cantik kelahiran Surabaya Jawa Timur ini dengan senang hati melayani semua permintaan foto selfie hingga ke ruang makan.

“Ayo, foto kita. Gak apa-apa mumpung ada di Manggarai Timur,” ujar Mano saat melayani permintaan foto bersama.(js)

Tag: