Simulasi CAT Ok Tapi Portal SSCN Lemot, Manggarai Minta Tambah Waktu Registrasi Akun CPNS

Anggalus Angkat saat memantau pelaksaan simulasi CAT di Kantor BKPP Manggarai, Jumat 28 September 2018 (photo : floresmart).

Floressmart—Untuk kepentingan latihan para calon pendaftar CPNS 2018, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Manggarai telah melakukan simulasi tes berbasis sistem Computer Assisted Test (CAT). Simulasi ini dibuat sama persis dengan sistem ujian CPNS yang sesungguhnya.

“Simulasi CAT telah dilaksanakan sehari yakni pada Jumat 28 September kemarin di ruang CAT BKPP diikuti 500 peserta. Dalam simulasi CAT, para peserta mengerjakan Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal didampingi sorang tutor yang didatangkan dari Kantor Regional X BKN Denpasa Bali,” kata Pelaksana Tugas Kepala BKPP Manggarai, Anggalus Angkat, Sabtu (29/9).

Baca juga  LKPD Tepat Waktu,Manggarai Kejar WTP

Selama simulasi yang memakan waktu sehari penuh, Anggalus Angkat mengaku  tidak mendapat keluhan dari para peserta sumulasi CAT baik mengenai soal maupun terkait jaringan internet pada laman latihan resmi bagi peserta yang hendak mengikuti CPNS 2018 yakni http://cat.bkn.go.id/simulasi/.

“Dengan simulasi CAT yang berjalan lancar artinya kita siap menggelar tes CPNS tahun 2018 apalagi jaringan internet khusus CAT dan instalasi perangkat semuanya ready,” imbuhnya.

Anggalus yang menjabat sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum SetdaManggarai ini berharap, dengan simulasi CAT ini peserta memiliki pandangan terkait jenis soal yang akan diujikan nanti. Dijelaskan Angkat, pihaknya menyiapkan 58 unit komputer yang telah terkoneksi dengan portal CAT BKN.

Baca juga  PPK : Jefri Teping Dibekukan, PHO Hampir Rampung

Situs registrasi sscn.bkn.go.id susah diakses

Lebih lanjut Anggalus Angkat memberitahukan bahwa untuk Kabupaten Manggarai baru 231  akun yang sukses melakukan registrasi di sscn.bkn.go.id per tanggal 29 September 2018. Sedangkan jumlah pelamar yang menyerahkan berkas bukti pendaftaran di panitia baru 76 orang.

“Artinya dari sejak registrasi dibuka pada 26 September 2018 baru 231 akun yang sukses melakukan registrasi di SSCN kondisi hari ini Sabtu (29/9). Ini akibat koneksi internet pada portal sscn.bkn.go.id  makin lemot diakses karena memang ada ribuan pelamar yang mengakses situs sscn.bkn.go.id secara bersamaan,” ungkapnya.

Baca juga  Ini Tanggapan Wabup Dan Kadis PU Terkait “Ocehan” Jefri Teping Di Medsos

Anggalus Angkat mengatakan, keluhan pelamar soal portal SSCN yang sulit diakses telah dilaporkan ke Kantor Regional X BKN Denpasar Bali.

“Bayangkan, satu akun baru sukses diregistrasi pada hari ke tiga. Ini keluhan dari hampir seluruh pelamar. Bukan tidak mungkin banyak yang putus asa dan terancam tidak bisa ikut tes CPNS, makanya kondisi ini kita harus laporkan ke Kanreg BKN Denpasar,” cetusnya.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS dibuka selama 2 minggu kedepan sejak Rabu 26 September 2018 dan ditutup pada 10 Oktober mendatang. Namun Plt Kepala BKPP Manggarai Anggalus Angkat berharap agar problem akses SSCN yang dikeluhkan hampir seluruh pelamar CPNS bisa dijadikan pertimbangan pemerintah pusat menambah waktu registrasi. (js)

Tag: