Dandim dan Bupati Manggarai Kampanye Anti Hoax di HUT TNI ke-73

Foto bersama saat syukuran HUT TNI ke-73 di Kodim 1612 Manggarai, Jumat 5 Oktober 2018. Dandim 1612 Manggarai kedua dari kiri. (Photo : floressmart).

Floressmart—Komandan Kodim (Dandim) 1612 Manggarai NTT, Letkol Inf. Rudi Simangunsong mengkhawatirkan penyebaran hoax atau  berita bohong yang makin tak terkendali di jagat maya.

Saat menyampaikan sambutan memperingati HUT TNI ke-73 di kompleks Kodim Manggarai, Jumat 5 Oktober 2018, perwira menengah jebolan Akademi Militer ini mengajak semua pihak untuk berperang melawan hoax.

“Daya rusak hoax ini sangat besar. Untuk itu masyarakat kita mesti selalu diingatkan agar jangan cepat percaya dengan informasi berantai melalui media sosial,” ujar Dandim Rudi.

Baca juga  Festival Komodo, Demi Mendongkrak Kunjungan Wisatawan Ke Labuan Bajo

Menurut Dandim Rudi, produksi hoax dilaporkan makin gencar jelang Pemilihan Legilatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Sayangnya kata dia, para pengguna media sosial atau netizen tidak saja mudah percaya dengan berita hoax yang beredar namun ikut membagikan kabar bohong ke jejaring sosial.

Men-share hoax, kata Letkol Inf Rudi sama saja ikut memproduksi kabar bohong. Di bagian akhir sambutannya, Dandim Rudi beranekdot tentang hoax.

“Kata orang, hoax ini diciptakan oleh orang jahat lalu disebarkan oleh orang bodoh, kemudian dipercaya begitu saja oleh orang idiot,” ucapnya diiringi gelak tawa para hadirin.

Bupati Deno Kamelus yang memberi sambutan setelah Letkol Rudi mengaku tertarik dengan topik hoax yang disampaikan Dandim 1612 Manggarai itu. Menurutnya, fenomena hoax yang sengaja diviralkan di media sosial telah menyesatkan masyarakat Manggarai.

Baca juga  Lagi, Anggota Dewan di Manggarai Berkelahi di Ruang Paripurna

“Hari-hari ini dengan kemajuan tehnologi begitu mudahnya orang menyebarkan hoax dengan rupa-rupa motivasi,” ungkap Bupati Deno Kamelus.

Bupati Manggarai hasil Pilkada tahun 2015 ini sepakat jika yang menciptakan hoax itu pantas disebut orang jahat dan yang men-share berita bohong sebagai orang bodoh dan yang mempercayai hoax itu idiot.

“Saya kira ini bagus sekali sehingga masing-masing kita mungkin nanti bisa berpikir masuk kategori apa. Kalau saya memproduksi maka sudah tahu saya ini jahat, kemudian kalau saya men-share maka saya bodok dan kalau kemudian saya juga percaya dengan itu maka saya idiot. Kalau tiga-tiganya ada pada saya maka saya adalah jahat,bodoh dan idiot,”

Baca juga  LBH : Kasus Osy dan Marsel Bisa Diselesaikan Melalui Mekanisme DPRD

“Besok-besok kalau ada yang men-share memang kau bodok, siapa yang termakan hoax memang kau idiot,” ujarnya sambil terkekeh.

Dalam situasi ketika hoax kian merajai jejaring sosial maka yang dibutuhkan kata Bupati Deno yakni menindaktegas semua pelaku kejahatan hoax tanpa tebang pilih.

Pemotongan tumpeng syukuran HUT TNI ke-73 oleh Bupati Deno Kamelus.

HUT TNI cukup meriah

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, HUT TNI di lingkungan Kodim 1612 Manggarai berlangsung cukup meriah.

Sejumlah tarian disajikan untuk menghibur para tamu yang hadir termasuk goyang pesta Gemu Famire.

Syukuran HUT TNI ke-73 ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Deno Kamelus. Hadir dalam acara ini antara lain, Sekertaris Daerah Manggarai Barat,Rofinus Mbon, Kapolres Manggarai, AKBP Cliffry Steany Lapian, Kapolres Manggarai Barat, AKBP AKBP Julisa Kusumowardono dan seorang Pendeta. (js)

Tag: