Jelang Misa Natal, Brimob Sterilisasi Gereja-gereja di Ruteng

Tim sterilisasi melakanakan pemeriksaan di Gereja Katedral St. Yosef Ruteng, Senin 25 Desember 2018 (Photo : floressmart).

Floressmart—Jelang pelaksanaan misa malam Natal, tim sterilisai Brimob Manggarai melakukan pemeriksaan di gereja-gereja se Kecamatan Langke Rembong, Senin 25 Desember 2018. Pemeriksaan juga melibatkan personel dari Polres Manggarai.

natal dalam berita

Seperti dipantau, dengan menggunakan pemindai logam atau metal detector  pasukan Brimob yang terdiri dari delapan orang ini memeriksa hingga ke sudut-sudut altar, tempat koor dan tempat duduk umat serta ruang kontrol audio. Titik-titik saklar listrik juga ditelisik.

Baca juga  Khidmatnya Misa Malam Natal di Penjara Ruteng

“Sterilisasi untuk mengantisipasi hal-hal yang menggangu misa Natal termasuk teror bom. Kita pastikan semua gereja dinyatakan aman sehingga umat kristiani di Ruteng bisa mengikuti misa Natal dengan aman dan nyaman pada pukul 17.00 WITA nanti,” kata Komandan Pleton (Danton) I Kompi 2 Pelopor Batalyon B Manggarai, Sat Brimobda NTT, Ipda Julhaedi disela-sela pemeriksaan di dalam Gereja Katedral St. Yosef.

Baca juga  Deno Kamelus, Bupati yang Rajin Bersih Pasar

Dijelaskan Ipda Julhaedi, pengecekan intalasi listrik merupakan bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP) sterilisasi gereja untuk memeriksa benda-benda berbahaya yang disisipkan dalam jaringan listrik.

“Tidak perlu khawatir, hasil pemeriksaan semuanya aman baik di dalam gereja maupun di aula-aula paroki yang akan dijadikan tempat duduk umat,” katanya.

Adapun gereja-gerja yang diperiksa yakni, Gereja Katedral St. Maria Asumpta, Gereja Katedral St. Yosef, Gereja Kristus Raja Mabumuku, Gereja St. Mikhael Kumba, Gereja St. Fransiskus Asisi Karot, Gereja Ekaristis Ka Redong, Gereja St. Vitalis Cewonikit, Gereja St. Nikolas Golodukal ditambah dua gereja kristen masing-masing Gereja Pantekosta Hosana dan GMIT Emanuel. (js)

Baca juga  Kopi Arabika Flores Manggarai Dapat SIG Bikin Petani Kopi Sejahtera
Tag: