Khidmatnya Misa Malam Natal di Penjara Ruteng

Suasana misa malam Natal di Rutan Carep Ruteng ( Photo : floressmart)

Floressmart—Ratusan warga binaan penghuni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Carep Ruteng Manggarai Nusa Tenggara Timur melaksanakan misa Natal di dalam penjara.

natal dalam berita

Dipimpin Pastor Lodovikus Ndona SMM, perayaan ekaristi memperingati kelahiran Yesus Kristus ini berlangsung khidmat. Tak kurang dari 100 napi ditambah petugas rutan yang beragama nasrani tampak khusuk mengikuti misa yang digelar Senin malam 24 Desember 2018 ini.

Agar tahu saja, seluruh petugas liturgi yang terlibat dalam misa ini merupakan warga binaan seperti, pemimpin koor, pembawa bahan persembahan, akolit dan lektor. Sementara tugas membagi komuni diberikan kepada biarawati.

Baca juga  Aniaya Eki, Rensi Ambang jadi Tersangka dan Ditahan

Pastor Lodovikus dalam homili berharap para warga binaan tetap sabar menjalani hukuman. Pastor mengajak para napi yang menghuni Rutan kelas IIB ini agar saling melayani sebagai saudara.

“Natal untuk kita semua dan saudara-saudara warga binaan adalah semangat melayani dan menyediakan ruang relasi supaya kehadiran orang menjadi lebih berarti. Sebagaimana Tuhan itu tidak mengitung dosa kita tapi memperhatikan keleluasaan hati kita untuk melayani orang lain,” kata Pastor Lodovikus.

Baca juga  Utang ATK Matim Diusut, Penyidik Pulbaket

Selain mendoakan para napi, Pastor Lodovikus juga mendoakan para korban tsunami di Banten dan Lampung.

“Selain mendoakan keluarga-keluarga kita yang telah berpulang, marilah kita berdoa pula untuk saudara-saudara kita di Banten dan Lampung yang menjadi korban akibat tsunami,” kata Pastor Lodovikus dari altar.

Sementara itu, seorang akolit (pelayan pastor) dalam misa ini mengaku bangga karena kembali dipercaya untuk mendampingi pastor. Napi yang divonis 3 tahun penjara itu menuturkan bahwa ia dan tiga orang rekanya sesame ajudan pastor telah beberapa kali bertugas dalam misa besar seperti Natal dan Paskah.

Baca juga  Dugaan Korupsi Pembangunan Kantor Inspektorat, Jaksa Periksa Kadis PU Matim

“Sudah biasa juga pada misa Natal dan Paskah sehingga latihan hanya mengulang yang sudah kami laksanakan sebelumnya,” ujarnya.

Seperti dipantau, misa ini banyak dihadiri oleh keluarga para napi khususnya yang tinggal di kota Ruteng serta warga sekitar ditambah mantan napi yang sengaja mengikuti misa Natal di Rutan Carep. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: