Hujan Deras, Longsor Tutup Jalan Ruteng-Reo

Longsor di jalur Ruteng-Reo yang terjadi Kamis 10 Januari 2019 (Photo facebook Silvester Lensi).

Floressmart—Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Manggarai, Kamis 10 Januari 2019 menyebabkan longsor di jalan Negara Ruteng-Reo tepatnya di Golo Muwur, Desa Riung, Kecamatan Cibal.

Longsor sepanjang 20 meter ini menimbun badan jalan. Pohon kemiri juga tumbang akibat tebing ambrol.

Baca juga  Jalan Ruteng-Labuan Bajo Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Tanah longsor yang terjadi sekitar pukul 14.30 WITA ini membuat akses jalan lumpuh berjam-jam. Antarian kendaraan dari dua arah pun mengular panjang.

Fridolinus Sanir, pengendara sepeda motor yang datang dari Kecamatan Reok Barat menuturkan, ia tertahan di lokasi longsor selama tiga jam. Ia baru bisa melanjutkan perjalanan ke Ruteng setelah warga dan pemilik kendaraan memasang papan kayu kemiri yang tumbang yang disenso khusus untuk dilewati sepeda motor.

Baca juga  Proksi Ekonomi Dan Rancang Bangun Infrastruktur Manggarai Timur

“Motor saja yang bisa lewat. Mobil belum bisa,” kata Fridolinus menghubungi floressmart Kamis petang.

Dihubungi Kamis malam, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Manggarai, Libertus Habut mengatakan, alat berat milik swasta dan milik Dinas PU Manggarai sedang bekerja membersihkan material longsor.

“Alat berat milik PT Floresco dan milik Dinas PU sedang membersihkan material longsor. Kabar dari lapangan, kendaraan roda empat sudah bisa lewat,” katanya.

Baca juga  Direktur RS dr Ben Mboi Akui Kesalahan Prosedur Saat Memulangkan Pasien Anastasia

Disampaikan Kalak Libertus Habut, sedikitnya terdapat tiga titik longsor yang menyasar jalur Cibal-Reo yang terjadi Kamis siang.

Ia pun menghimbau agar pengguna jalan yang melintas di wilayah tersebut untuk tetap berhati-hati.

“Masyarakat diminta untuk waspada jika sedang melintas di jalur tersebut. Jalur Cibal- Reo ini memang cukup rawan longsor,” tutupnya. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: