Nelayan Reok Temukan Mayat Bonafasius Terapung di Laut

Jasad Bonafasius ketika dievakuasi ke kapal Basarnas. ( Photo : kepolisian).

Floressmart—Setelah dilakukan pencarian selama dua hari, jasad Bonafasius Nusa yang tenggelam di Tengku Romot Wae Pesi akhirnya ditemukan dalam keadaan telah meninggal.

Tubuh korban ditemukan mengambang di lautan dekat muara Wae Pesi berjarak 8 mil dari lokasi kejadian. Jenazah pria 20 tahun tersebut ditemukan oleh nelayan bernama Amirudin, Minggu pagi 10 Februari 2019.

“Pada pukul 06.00 wita saat nelayan Amirudin sedang memancing ikan di laut dan melihat sesosok mayat yg sedang mengapung di atas permukaan laut menggunakan celana pendek warna merah, kemudian Amirudin memberitahu kepada para nelayan lainnya yg sedang memancing di sekitar lokasi penemuan dan kemudian mendayung perahunya mendekati korban,” ujar Kasubag Humas Polres Manggarai, Ipda Daniel Djihu dalam rilis yang dibagikan ke grup whatsapp wartawan, Minggu.

Baca juga  Jasad Yanto Ditemukan Didasar Sungai Tengku Siwa

Polisi menduga saat kejadian, korban langsung terhanyut hingga ke lautan berjarak hampir 12 kilo meter dari titik korban tenggelam.

“Sepertinya korban langsung terbawa arus sampai ke muara, pantas saja tim SAR tidak menemukan korban yang mencari di Tengku Romot dan sekitarnya,” tambahnya.

Dijelaskan Inspektur Diju, Amirudin bersama para nelayan kemudian mengikat tubuh korban menggunakan tali nilon dengan perahu agar korban tidak terbawa arus laut sambil menunggu tim Basarnas datang mengevakuasi korban. Proses evakuasi korban ke daratan diwarnai tangis histeris keluarga korban yang datang dari Ende.

Baca juga  SAKIP 2017, Manggarai Terbaik Kedua se NTT

“Pukul 07.00 wita tim gabungan Basarnas, Polsek Reo dan Polair berangkat menuju lokasi penemuan menggunakan 1 unit perahu karet ( Speed Boat ) milik Basarnas dan mengevakuasi korban untuk dibawa ke tepi sungai,” tuturnya.

Kata Ipda Daniel Djihu, korban setelah itu dievakuasi ke Puskesmas Reok untuk dilakukan autopsi.

“Pukul 08.25 wita mobil Ambulance yg membawa korban tiba di Puskesmas Reok dan langsung dilakukan pemeriksaan fisik oleh Tim Perawat Puskesmas Reok oleh dr. Husnawati dan dr. Patrisius Adiguna Baso didampingi Kanit Reskrim Polsek Reo Bripka Syamsul Sisik,” tulis Ipda Djihu.

Baca juga  Status Tersangka Korupsi, Ini Komentar Dira Tome Usai Pelantikan

Berdasarkan informasi dari pihak Polsek Reok Minggu petang, jenazah karyawan koperasi itu telah dibawa ke kampung halamannya di Ndona, Kabupaten Ende.

Seperti diberitakan, korban Bonafasius Nusa baru lima bulan tinggal di Kelurahan Mata Air Reo sebagai karyawan koperasi. Namun nahas, pria kelahiran Kabupaten Ende 8 Februari 1999 ini tewas tenggelam tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-20.
Ia ke Tengku Romot bersama sejumlah pelajar SMA di Reo pada Jumat 8 Februari 2019 sekitar pukul 10.30 WITA untuk berenang.

Saksi menyebut, sebelum kejadian korban sempat diperingatkan untuk tidak berenang terlalu ke tengah namun korban malah nekat menerobos derasnya arus sungai Wae Pesi kemudian lenyap terbawa arus sungai. (js)

Tag: