Kadis Perumahan : Selain Rehabilitasi Rumah, Tahun Ini Ada Pemasangan Listrik Gratis dan MCK

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai, Marten Jekau. (Photo ; floressmart).

Floressmart—Pemerintah Kabupaten Manggarai melanjutkan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam rangka mengurangi angka penciri kemiskinan. Pada tahun 2019 ini sebanyak 274 unit rumah akan diperbaiki dengan rincian 104 dari DAU dan 170 unit dari DAK. Namun angka ini belum termasuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi, SNFT (Satuan Non Fisik Tertentu) bersumber dari APBN plus APBDes.

“274 unit itu baru DAU (APBD) belum termasuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Provinsi, SVNT (Satuan Non Fisik Tertentu) APBN serta DAK. Desa juga ambil bagian, APBDes ini malah yang lebih banyak,” Kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai, Marten Jekau, Selasa 19 Februari 2019.

Baca juga  Mantap Betul, Kopkardios Kasih Pinjaman Khusus untuk Pemasangan Listrik

Dengan demikian jika diakumulasi dari berbagai sumber dana yang mendukung program ini maka jumlah RTLH yang diperbaiki bisa lebih dari tahun 2018.

“Kalau sudah masuk semua datanya, yang dari pusat, provinsi serta desa angkanya sudah bisa kita tahu. Tahun lalu (2018) saja ada 3013 rumah yang direhabilitasi. Untuk tahun ini (2019) semoga angkanya bisa lebih dari itu,” kata Kadis Jekau sembari menyebut jumlah RTLH posisi tahun 2019 ini masih berjumlah 9.858.

Baca juga  Ada Praktik Jual Beli Kios Di Pasar Rakyat Ruteng

Selain bantuan stimulan perumahan, Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai akan memasang listrik gratis kepada 600 rumah tangga miskin hasil pendataan tahun 2018. Program elektrifikasi pada RTM ini kata Jekau merupakan program pemerintah provinsi sehingga jumlahnya mesti lebih besar dari APBD II.

“Namun karena ada MoU maka program ini menjadi urusan bersama antara kabupaten dan provinsi sehingga diharapkan agar jumlah yang diintervensi provinsi mesti lebih banyak dari kabupaten,” imbuhnya.

Baca juga  Begini Progres Keuangan Kopkardios Tahun Buku 2018

Pada tahun 2017 lalu Pemkab Manggarai mencanangkan program pemasangan listrik gratis berdaya 450 Watt untuk 1100 KK miskin. Namun setahun kemudian program ini sempat terhenti karena terkendala regulasi. Setelah  penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Pemkab dengan Pemerintah Provinsi NTT maka program ini kembali digulirkan pada tahun 2019.

Tidak hanya rehabilitasi rumah dan pesanagan listrik gratis, pada tahun 2019 ini masyarakat Manggarai juga mendapat bantuan sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebanyak 1.221 unit dengan rincian 117 komunal 1104 individu. Untuk diketahui, program ini mulai digalakkan sejak tahun 2018. (js)

Tag: