Pengurus Wilayah Manggarai Raya Dilantik, Ini Tiga Fungsi Vox Point Indonesia

Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI, Eusabeus Binsasi menyerahkan bendera Vox Point Indonesia ke Ketua Pengurus Harian Vox Point Indonseia Mangarai, Erlan Yusran. (Photo : floressmart)

Floressmart—Vox Point Indonesia telah hadir di 15 Provinsi dan 56 kabupaten dan kota termasuk Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat.

Pelantikan Kepengurusan Vox Point Indonesia Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat dilangsungkan di ruang rapat Keuskupan Ruteng, Sabtu 23 Februari 2019.

Acara pelantikan pengurus Vox Point Manggarai Raya ini dikemas dalam rekoleksi kebangsaan bertajuk ‘Arah Pergerakan Awam Katolik Dalam Konstelasi Politik Nasional’. Lebih dari 200 awam mengikuti rekoleksi politik ini.

Baca juga  FPPKR Minta Hentikan Berpolemik Dalam Kisruh Keuskupan Ruteng

Hadir dalam acara ini, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama RI, Eusabeus Binsasi, Administrator Apostolik Keuskupan Ruteng Mgr Silvester San, Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur, Sekjen Partai Nasdem sekaligus Dewan Pakar Vox Poin Indonesia Johny G Plate, Direktur Indopolling sekaligus Direktur Direktorat Survey dan Analisis Data DPN Vox Point Indonesia Wempy Hadir dan Wasekjen Vox Point Indonesia Ervanus Ridwan Tou.

Dalam sambutan Ketua Umum DPN Vox Point Indonesia Yohanes Handojo Budhisedjati yang dibacakan Wasekjen BPN Vox Point Indonesia Ervanus Ridwan Tou menerangkan tiga fungsi Vox Point Indonesia.

Baca juga  Awam Katolik : Mgr. Hubertus Leteng Harus Mengundurkan Diri

“Sebagai Lembaga Kader. Vox Point Indonesia wajib menyelenggarakan pendidikan politik untuk menjadikan orang muda Katolik yang tertarik di dunia politik. Sebagai Lembaga Edukasi, Vox Point Indonesia bertugas untuk memberikan pemahaman kepada Umat Katolik tentang keharusan kita untuk terlibat langsung dalam dunia politik. Politik bukan sesuatu yang kotor tetapi seuatu yang luhur dan bahkan lewat dunia politik dapat memperjuangkan kesejahteraan bersama,” tulis Yohanes Handojo Budhisedjati.

Kemudian, sebagai Lembaga Kajian, lanjutnya, Vox Point Indonesia dapat memberikan ulasan , hasil kajian tentang peristiwa politik yang terjadi.

Baca juga  Ketika Sesumbar BKH Diblok CR

“Bersama para pengurus dan dewan pakar, Vox Point Indonesia dapat melakukan analisa, penelitian, survey yang dapat digunakan dalam memberikan pertimbangan, rekomendasi atas sesuatu peristiwa yang terjadi,” papar Yohanes.

Pada bagian lain sambutannya, Ketua BPN Vox Point Indonesia menjelaskan perjuangan Vox Point Indonesia jelang Pileg.

“Salah satu sasaran Vox adalah  menempatkan kader Katolik ikut serta berperan dalam tata kelola berbangsa dan bernegara khusus di kelembagaan Legislatif,” tulisnya.

Seperti dipantau, acara rekoleksi kebangsaan Vox Point diisi dengan dialog, penyerahan sertifikat badan pengurus ditutup misa perutusan oleh Monsinyur Seilvester San.

Untuk diketahui, Ketua Pengurus Harian Vox Point Wilayah Manggarai dijabat Erlan Yusran dan Seketertaris Jenderal Mantovanny Tapung.(js)

Tag: