23 Dojo Sedaratan Flores Lembata Berlaga Memperebutkan Bupati Manggarai Cup

Bupati Manggarai Deno Kamelus memberi arahan kepada para Dojo (photo : floressmart).

Floressmart- Kejuaraan Shorinji Kempo antar Dojo (Kejurdo) sedaratan Flores Lembata dibuka secara resmi oleh Bupati Manggarai, Jumat 8 Maret 2019 di Gedung Olahraga Ruteng. Kejurdo memperebutkan piala Bupati Manggarai ke-2 tahun 2019 ini dilaksanakan hingga 10 Maret 2019.

Sebanyak  23 Dojo hadir dalam acara pembukaan, mereka masing-masing terdiri dari 10 Dojo Kabupaten Manggarai, 6 Dojo dari Kabupaten Manggarai Timur, 3 Dojo utusan Manggarai Barat, 2 Dojo Kabupaten Ngada serta 1 Dojo dari Kabupaten Lembata.

Di awal sambutannya, Bupati Deno Kamelus mengatakan, kejuaraan antar Dojo adalah salah satu dasar penciptaan atlet-atlet berprestasi. Selanjutnya atlet-atlet yang berprestasi menurut Deno Kamelus tentu wajib diikutkan pada level kejuaraan yang lebih tinggi.

Baca juga  Pemda Manggarai Terapkan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Elektronik

“Hanya dengan jalan itulah maka nama besar olahraga kempo di daerah kita akan terus terjaga,” kata Deno Kamelus.

Pada bagian lain arahannya, Bupati Manggarai ini menekankan bahwa untuk menghadirkan para juara membutuhkan manusia-manusia bermental juara.

“Manusia dengan mental juara adalah mereka yang menikmati seluruh proses dengan rasa percaya diri yang tinggi menerima setiap hasil dengan lapang dada dan menjadikan kegagalan sebagai titik refleksi agar di kemudian hari menjadi pribadi yang lebih baik,” cetusnya.

Baca juga  “Via Crucis” hingga “Vita Gloris” ala Lumen Gratiae

Kepada para Dojo, Deno Kamelus yang adalah Ketua KONI Manggarai berpesan agar setelah kegiatan ini berlangsung para peserta pulang ke wilayah mereka masing-masing dengan kenangan dan cerita-cerita yang baik tentang bumi Nuca Lale.

“Akhirnya atas izin kita semua dan seraya memohon rahmat Tuhan yang Maha Kuasa saya membuka kegiatan Kejurdo Kempo sedaratan Flores Lembata memperebutkan piala bergilir Bupati kabupaten Manggarai ke- 2 di Ruteng secara resmi dibuka, selamat bertanding,” ucap Deno sambil melepas tongkat Shorinji Kempo ke arah peserta.

randori campuran sedangberlaga pada Kejurdo Kempo sedaratan Flores Lembata di GOR Ruteng. (photo : floressmart).

Hadir dalam acara pembukaan, Ketua Perkemi Manggarai Viktor Madur, penanggungjawab Kejurdo Yeni Veronika, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta pejabat dari Polres Manggarai.

Baca juga  Keracunan Seafood Ruteng, Ini Pengakuan Pemilik Rumah Makan Cianjur

Sementara itu Ketua Bidang Prestasi Perkemi Manggarai, Agustinus Ganggut sekaligus sebagai ketua panitia kejuaraan ini menjelaskan, masing-masing Dojo menurunkan Khensi untuk berbagai kelas pertandingan dari embu pemula 20 kg, randori dewasa 65 kg putri hingga randori dewasa kelas 70 kg putra.

“Selain embu pemula, remaja dan embu dewas juga ada tujuh randori berbagai tingkatan yang dipertandingkan,” kata Gusti Ganggut. (js)

Tag: