Mantap Betul, Kopkardios Kasih Pinjaman Khusus untuk Pemasangan Listrik

Jajaran pengurus Kopkardios saat menggelar jumpa pers di kantor Kopkardios, Jumat 15 Maret 2019. (Photo : floressmart)

Floressmart- Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopkardios benar-benar mematuhi visi misi koperasi yakni mengutamakan kesejahteraan anggota. Salah satunya dengan pemberian kredit khusus untuk kebutuhan pemasangan listrik bagi anggota dengan besaran pinjaman sebesar Rp3 juta rupiah hingga Rp3,5 juta rupiah selama 24 bulan dengan bunga menurun.

Manajer KSP Kopkardios, Paulus J Faran mengatakan, program ini telah dirasakan manfatnya oleh ratusan anggota di Kecamatan Elar Manggarai Timur dan Paroki Sok Rutung Kecamatan Komodo Manggarai Barat.

“Pada tahun 2017 kita mulai dengan anggota di Paroki Elar. Kemudian pada tahun 2018 menyalurkan kredit untuk pemasangan 147 meteran listrik di rumah-rumah anggota di Paroki Sok Rutung Kecamatan Komodo dengan besar  pinjaman 3,5 juta per KK sedangkan anggota kita di Elar sebesar 3 juta untuk instalasi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro,” ujar Paulus Faran dalam acara jumpa pers di kantor Kopkardios di Jalan Pelita Kelurahan Bangka Nekang Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai, Jumat 15 Maret 2019.

Baca juga  Sesmenkop-UKM RI Hadiri HUT Koperasi di Ruteng

Terobosan yang digagas sejak tahun 2017 itu juga memiliki keistimewaan karena orang yang ingin mengajukan pinjaman khusus untuk kebutuhan pemasangan elektrifikasi langsung bisa meminjam tanpa harus menunggu tiga bulan sebagai syarat baku pengajuan pinjaman. Kemudian kata dia, Kopkardios yang menentukan mitra (instalitir) untuk urusan pemasangan instalasi dan meteran.

“Pinjaman ini tidak menghambat mereka untuk mengajukan pinjaman reguler misalnya pendidikan, usaha, dan investasi lain. Istimewanya ya bypass, anggota langsung pinjam setelah menyetor simpanan satu juta,” terangnya.

Baca juga  Kurang Pegawai,Perangkat Daerah Baru Di Manggarai Limbung

Selain mengintervensi pemasangan 278 meteran listrik di Kecamatan Elar dan Kecamatan Komodo, tercatat ada 800an anggota yang mengantre program ini. Itu terdiri dari 400 anggota tambahan di Paroki Elar, serta di Kecamatan Kuwus Barat dari Wajur ke arah Barat wilayah Kecamatan Pacar dari Compang sampai Hita lalu wilayah Macang Pacar mulai dari Pau sampai Bari.

Baca juga  Menteri Koperasi dan UKM Puji Pertumbuhan Koperasi di NTT

Selain elektrifikasi, Kopkardios juga melayani pinjaman besar mendukung usaha anggota yang bergerak di bidang kapal wisata. Disampaikan Paulus Faran, pinjaman investasi ini telah diberikan kepada sembilan anggota di Labuan Bajo sebagai pengusaha pariwisata.

“Sedikitnya ada 9 kapal wisata hasil pinjaman investasi dengan range pinjaman dari 800 juta hingga 1,2 miliar. Bunganya sama dengan pinjaman untuk pemasangan listrik sebesar 1,8 persen menurun,”ungkap dia.

Selain itu lanjut Faran, sebagai bentuk tanggung jawab sosial, KSP Kopkardios juga memberikan bantuan berupa dana sosial (corporate social responsibility) kepada individu dan kelompok masyarakat yang mengajukan proposal.

“Fakta itu memperlihatkan bahwa KSP Kopkardios peduli pada kebutuhan masyarakat termasuk yang bukan anggotanya,” pungkasnya. (js)

Tag: