Bupati Deno Kamelus Resmikan Bendungan Irigasi Wae Mau I 

Bupati Deno Kamelus menandatangani prasasti Bendungan Irigasi Wae Mau I. (Photo : Dok HUmaspro Manggarai)

Floressmart- Bupati Manggarai Deno Kamelus meresmikan Bendungan Irigasi Wae Mau I di Desa Cambir Leca Kecamatan Satar Mese Barat, Senin,1 April 2019.

Acara peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan buka pintu air bersama tim dari Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II NTT.

Perwakilan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II NTT menyebut bendungan irigasi yang dikerjakan oleh PT Modern Surya Jaya Surabaya ini akan mengairi 1,055 Ha areal sawah masyarakat di dua desa yaitu Desa Cambir Leca dan Desa Hilihintir.

Baca juga  Bansos Rastra Mulai Disalurkan, Keluarga Miskin di Manggarai Dapat Beras Gratis

Bupati Deno dalam sambutannya mengaku berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II NTT atas kehadiran bendungan irigasi ini. Disampaikan Bupati Deno, proposal pembangunan Bendungan Irigasi Wae Mau I diusulkan tahun 2014 semasa kepemimpinan Bupati Christian Rotok.

“Seingat saya tahun 2014 kita usulkan, lima tahun baru direspon oleh pemerintah pusat. Ini menyadarkan bahwa membangun tidak seperti membalikan telapak tangan. Butuh kesabaran,” kata Deno Kamelus.

Baca juga  Minum Kopi Massal Cara Promosi Kopi Manggarai

Lebih lanjut Bupati Deno berharap masyarakat menjaga hutan di kawasan tersebut demi menjaga ketersediaan air bagi wilayah Kecamatan Satar Mese Barat.

Foto Pembukaan pintu air oleh Bupati Deno.

Sementara itu Frits Djeverson Bale selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek ini menjelaskan proyek ini menghabiskan anggaran Rp 24 milyar rupiah bersumber dari APBN tahun 2018.

Baca juga  Kadis Perumahan : Selain Rehabilitasi Rumah, Tahun Ini Ada Pemasangan Listrik Gratis dan MCK

Dalam pengerjaannya, kata Frits, proyek Bendungan Irigasi Wae Mau I selesai tepat waktu sesuai kontrak yakni 9 bulan kalender.

“Masyarakat di sini sangat mendukung. Makanya bisa dikerjakan cepat. Pekerjaan dimulai bulan Maret sampai Desember 2018. Sekarang masih dalam masa pemeliharaan sampe bulan Juni 2019,” tuturnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur bersama seluruh pimpinan perangkat daerah termasuk Camat Satar Mese Barat Venan Gantas. (js)

Tag: