HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas Tingkat Provinsi NTT Digelar di Ruteng

Bupati Manggarai, Deno Kamelus selaku inspektur upacara HUT Sat Pol PP, Damkar dan Linmas di lapangan Motang Rua Ruteng, Rabu 10 April 2019. (Photo ; floressmart).

Floressmart- Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT Sat Pol PP Ke-69, dan HUT Sat Linmas Ke-57 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaksanakan di Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai, Rabu 10 April 2019.

Dilangsungkan di lapangan Motang Rua Ruteng, upacara HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas ini dihadiri oleh para peserta yang datang dari 21 kabupaten/ kota di NTT. Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Bupati Manggarai Deno Kamelus dan komandan upacara Kasat Pol PP Manggarai Barat Stefanus Salut.

Baca juga  Wanita 21 Tahun Di Reo Dicekoki Miras Lalu Digilir Enam Pria Mabuk

Turut hadir, Wakil Bupati Manggarai Viktor Madur, Wakil Bupati Manggarai Timur Jaghur Stefanus , Dandim 1612 Manggarai Letkol inf Rudy Markiano Simangunsong, Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Steani Lapian serta para pimpinan OPD dan tamu undangan.

Bupati Deno dalam kesempatan ini tidak memberikan sambutan namun membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Peringatan Hari Ulang Tahun sebagaimana yang kita lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tulis Mendagri Tjahjo Kumolo.

Baca juga  Dewan Singgung Sinyal HP, Ini Jawaban Bupati Deno

Menurutnya, Pemadam Kebakaran, Sat Pol PP, dan Sat Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa Indonesia.

“Tugas Pemadam Kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran: melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia,” urai Mendagri.

Dikatakan, Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat.

Baca juga  Terseret Arus Sungai ,Suami Ditemukan Tewas,Istri Masih Hilang

Sebagaimana ditulis Mendagri Tjahjo Kumolo bahwa Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

Mendagri juga meyerukan kepada seluruh aparatur pemerintahan dan segenap komponen bangsa untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan pemilihan legislative 17 April 2019.

“Mari bersama-sama kita jaga kualitas penyelenggaraan pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, Luber dan Jurdil serta bermartabat,” katanya.

Upacara HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas ini ditutup dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Deno Kamelus. Untuk tahu saja, HUT Damkar, Satpol PP dan Linmas tahun 2020 dilaksanakan di Kabupaten Sumba Barat. (js)

Tag: