Di Manggarai NTT, Distribusi Surat Suara Menggunakan Mobil PT Pos Indonesia

Ketua KPU Manggarai Thomas Aquino Hartono melepas secara resmi truk PT Pos Indonesia mengankut logistik Pemilu (Photo ; floressmart).

Floressmart- Logistik Pemilu 2019 mulai didistribusikan KPU Manggarai Nusa Tenggara Timur. Untuk menghindari resiko kerusakan surat suara, Komisi Pemilihan Umum setempat menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) sebagai mitra pengangkut logistik Pemilu.

Pada hari pertama pengiriman surat suara, KPU menyalurkan logistik pemilu untuk tiga kecamatan yakni Kecamatan Reok, Reok Barat, dan Cibal Barat melalui acara pelepasan tiga mobil PT Pos dari gudang logistik KPU di Jalan Wae Ces Kelurahan Karot Ruteng di bawah guyuran hujan lebat. Acara pelepasan disaksikan Ketua Bawaslu Marcelina Lorensia.

Baca juga  Ketua TAPD : Dana Pilkada 2020 Bisa Tambah tergantung DAU

Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono mengatakan, pihaknya menggandeng Kantor Pos 86700 Komodo dan Kantor Pos Ruteng dengan pertimbangan standar keamanan.

“Sekarang kan hujan turun tiap hari sehingga supaya terhindar dari resiko kerusakan makanya logistik Pemilu diangkut dengan armada PT Pos Indonesia tentu dengan standar keamanan tinggi,” kata Thomas usai pelepasan truk pengankut logistik Pemilu, Minggu petang 14 April 2019.

Baca juga  PNS Dan Perilaku Berwajah Ganda Dalam Politik

Dijelaskan Thomas Aquino, PT Pos Indonesia mengerahkan 19 mobil baik truk maupun jenis minibus. Dijelaskan Thomas, pengiriman kotak suara berisi surat suara, formulir dan tinta Pemilu oleh PT Pos Indonesia hanya sampai ke tingkat PPK.

“Proses pendropingannya yakni dari gudang KPU menuju PPK kemudian diserahkan ke KPPS untuk kemudian didistribusikan ke setiap TPS. Pengiriman logistik dikawal petugas kepolisian,” katanya.

Sesuai target KPU, penyaluran logistik Pemilu ke 920 TPS yang tersebar di 12 kecamatan berlangsung hingga H-1 hari pencoblosan sambil menunggu surat suara pengganti yang rusak sebanyak 70.843 lembar yang sedang dalam perjalanan ke Ruteng.

Baca juga  Desakan Pemecatan Seluruh Komisioner KPUD Manggarai NTT

“Target kita ya tuntas hari Selasa, sambil menunggu surat suara pengganti yang 70an ribu itu. Kita dapat pemberitahuan surat suara pengganti tiba besok dari Jakarta,” tuturnya.

Seperti dipantau, belasan mobil truk terparkir di depan gudang logistik KPU. Mobil-mobil tersebut tidak saja milik PT Pos Indonesia namun ada juga truk penumpang (oto kol) dan truk petikemas yang disewa PT Pos Indonesia.(js)

Tag: