Pleno Rekapitulasi Suara Kecamatan Reok Digelar Hari Ini

Suasana pleno perolehan suara pemilu dan pilpres 2019 tingkat Kecamatan Reok. (Photo: floressmart)

Floresmart – Pleno Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 untuk tingkat Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT resmi digelar pada hari ini, Rabu (1/5/2019).

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Reok, Kanisius Bo menjelaskan bahwa rekapitulasi ini merupakan akumulasi perhitungan perolehan suara tingkat kecamatan baik pilpres, pileg dan DPD RI.

Data Rekapitulasi ini, jelas Kanisius, diambil dari rekapan data 6 desa dan 4 kelurahan seperti yang telah diplenokan bersama Panwaslu dan saksi Parpol sebelumnya.

Baca juga  Enam Anak Dibawah Umur Jadi “Joki Coblos”, PTPS Rekomendasikan PSU di Kelurahan Wali

“Hari ini kami menyelenggarakan pleno kecamatan. Data yang kami ambil dalam pleno ini adalah data hasil rekapitulasi per desa dan kelurahqn yang mana pada saat itu ada data sah yang dipegang PPK Reok dan rekomendasi Panwaslu terkait ketidakcocokkan C Plano, C1 Salinan, C1 Hologram, jumlah DPT, jumlah DPTB, jumlah DPK, surat suara, keliru coblos dan hal-hal lain yang sifatnya perbaikan bersama” Jelas Kanis.

Baca juga  Terlibat Politik Uang PNS di Manggarai Timur Jadi Tersangka

Data rekapitulasi ini juga, tambahnya, akan diplenokan lagi di tingkat KPUD Kabupaten Manggarai setelah semua data dinyatakan sah.

Sementara itu komisioner Panwaslu Kecamatan Reok, Albertus Frederiko Davids dalam kesempatan itu mengaku bahwa data rekapitulasi perhitungan perolehan suara tingkat Kecamatan Reok yang diplenokan hari ini merupakan data hasil pencermatan, perbaikan bersama maupun rekomendasi Panwaslu.

Baca juga  KPU Manggarai : Pleno Perolehan Suara Pemilu dan Pilpres Disiarkan Secara Live Streaming

“Kami sudah cocokkan datanya. Setelah itu kami akan cocokkan lagi sebelum dimasukkan dalam DA1 Plano dan berita acara” jelasnya.

Ketika ditanya jumlah perolehan suara, dia meminta semua pihak untuk bersabar sampai pelono selesai.

“Tunggu saja hasil plenonya atau DA1 planonya. Disitu orang sudah tahu perolehan suara tiap calon” Tegasnya.

Berdasarkan pantauan media ini acara pleno perolehan suara pemilu dan pilpres ini dihadiri  5 orang komisioner PPK Reok, 3 orang komisioner Panwaslu, 2 orang staf Panwaslu, PPL, PPS dan para saksi Parpol.(js)

Tag: