Di Acara Buka Puasa Bersama Ketua MUI Ucapkan Selamat ke Pemkab Manggarai Raih WTP

 

Wakil Bupati Viktor Madur memberikan bantuan dana dari Kementerian Agama kepada enam organisasi muslim di gedung MCC Ruteng, Selasa 28 Mei 2019 (Photo : floressmart).

Floressmart- Pemerintah Kabupaten Manggarai menggelar acara buka puasa bersama dengan umat Islam se Kecamatan Langke Rembong, Selasa 28 Mei 2019. Dilangsugkan di gedung MCC Ruteng, acara buka puasa diisi dengan tausiah dan sambutan-sambutan.

Hadir dalam acara buka puasa bersama ini, Wakil Bupati Viktor Madur bersama pimpinan perangkat daerah, Kapolres Manggarai AKBP Cliffry Steani Lapian, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Inf Rudi Markiano Simangunsong, Kajari Manggarai Sukoco, Ketua MUI, H Amir Faisal Kelilauw, Kepala Kantor Agama Kabupaten Manggarai, Reginaldus Serang dan para pimpinan ormas Islam.

Dalam kesempatan itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Manggarai, H. Amir Faisal Kelilauw menjelaskan makna puasa pada bulan suci Ramadhan.

“Ramadhan ini disebut dengan bulan Tarbiyah atau bulan pendidikan karena pada bulan inilah umat Islam diperintahkan lewat puasa untuk melindungi diri, pengendalian diri dari hawa nafsu dan berlaku sabar,” paparnya.

Selama bulan puasa, lanjut Ketua MUI, umat Islam diajak untuk bermurah hati serta meningkatkan amal sosial dalam wijud pengorbanan menunaikan zakat mal, zakat fitrah, infaq dan sedekah, santunan dan bantuan lain terutama bagi yang punya kelebihan sebagai wujud sikap saling tolong menolong dan saling menyayangi.

Baca juga  97 Taekwondoin Manggarai Ujian Naik Sabuk, Pengurus : Ini Ajang Penjaringan Atlet

Menutup sambutannya, H Amir Kellilauw menyampaikan proficiat kepada Pemkab Manggarai yang untuk pertama kalinya mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 yang dilaksanakan tahun 2019.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini atas nama Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Manggarai saya menyampaikan proficiat sebagai respect umat yang begitu besar terhadap pemerintah Kabupaten Manggarai. Oleh karena mengutip dari berita- berita bahwa bapak bupati dan wakil bupati serta segenap jajaran pemerintahan di daerah ini di mana BPK memberi penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian terhadap pengelolaan APBD Kabupaten Manggarai tahun 2018 yang di periksa tahun 2019,” katanya.

“Sepengetahuan saya belum pernah terjadi di daerah ini. Ini prestasi yang luar biasa yang telah diukir oleh pemerintah Kabupaten Manggarai di bawah kepemimpinan Bapak Bupati Deno Kamelus dan Bapak Wakil Bupati Viktor Madur. Sekali lagi atas nama umat kami menyampaikan proficiat semoga prestasi ini bisa dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang,” ungkapnya diiringi tepuk tangan dari para hadirin.

Baca juga  Tani Selamat Pelopor Hortikultura Manggarai

Sementara itu, Wakil Bupati Viktor Madur yang memberi sambutan setelah ketua MUI juga menyampaikan terima kasihnya atas dukungan dan doa semua pihak termasuk umat muslim sehingga Kabupaten Manggarai bisa meraih WTP, sebagai pernyataan profesional dari BPK mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan.

“Bahwa kita mendapat predikat WTP Wajar Tanpa Pengecualian itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak, utamanya kinerja perangkat daerah. WTP ini sudah menjadi predikat paling tinggi atas LHP BPK mulai dari bawah itu ada Disclaimer kemudian Wajar Dengan Pengecualian dan opini tertinggi Wajar Tanpa Pengecualian, itu yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas pemerintah di Kabupaten Manggarai,” terangnya.

Di hadapan ratusan umat muslim yang hadir, Wabup Madur mengaku bersyukur bisa merasakan relasi yang begitu baik antar sesama umat beragama di Kabupaten Manggarai serta bisa bertemu dengan umat muslim melalui momen buka puasa bersama.

“Buka puasa bersama ini penting kita laksanakan setiap tahun. Saya sendiri hadir dalam acara buka puasa bersama dengan umat muslim di berbagai tempat sejak zaman Credo (sebutan Christian Rotok-Deno Kemalus) jilid 1 jilid 2 hingga pemerintahan sekarang dan ini terus kita laksanakan dalam rangka mewujudkan suatu relasi sosial sebagai sesama umat Allah,” ungkap dia.

Baca juga  Seru! Pacuan Kuda di Nanga Banda Reok

Wabup Madur berharap agar puasa Ramdahan 1440 H ini berjalan dengan lancar dan damai.

“Untuk itu di bulan suci Ramadan ini kita semua diajak untuk selalu mawas diri melatih mental kita agar selalu bisa lebih menahannya agar nanti ketika selesai bulan Ramadan ini kita mendapat gelar seperti yang dikatakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala di akhir hayatnya agar Anda atau kita semua ini menjadi orang-orang yang bertakwa, kata taqwa ini menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita agar kita benar-benar meresapi segala bentuk aktivitas kita di bulan Ramadhan ini sehingga semua muara dari perbuatan kita dan tingkah laku kita semuanya untuk  Allah Subhanahu Wa Ta’ala ,” pungkasnya.

Acara buka puasa bersama ini ditutup dengan penyerahan bantuan berupa dana operasional dan pembinaan dari Kementerian Agama RI kepada enam organisasi islam masing-masing, Badan Kontak Majelis Ta’lim (BKMT) Manggarai, Majelis Ta’lim Fasta Biqul Khairat Ruteng, Badan Amil Zakat ( Baznas) Kabupaten Manggarai, Pwrwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Manggarai, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Manggarai serta bantuan dana pembinaan bagi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran ( LPTQ) Kabupaten Manggarai. (js)

Tag: