NasDem : Viktor Madur Calon Bupati Manggarai

Viktor Madur usai dilantik sebagai Ketua DPC NasDem Manggarai , & Januari 2019. (photo : floressmart).

Floressmart- Deno-Madur pecah?. Kabar beredar menyebut Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur tidak lagi mendampingi Bupati Deno Kamelus dalam Pilkada 2020 mendatang.

Anggota fraksi NasDem, Fabianus Abu membenarkan rumor tersebut. Partai NasDem kata dia telah memutuskan mengusung Ketua DPC Nadem Manggarai, Viktor Madur sebagai calon bupati.

“Benar itu, Pak Viktor maju sendiri,” ujar Fabianus Abu usai sidang paripurna DPRD, Kamis 15 Agustus 2019.

Ia mengatakan, pencalonan Wabup Viktor Madur sudah final. Ia sekaligus menepis informasi Nasdem yang berkoalisi dengan PAN, partai yang dipimpin Bupati Deno Kamelus.

“Tidak ada musyawarah lagi di tingkat DPC soal siapa calon yang diusung sebagai calon bupati Manggarai menuju Pilkada 2020 mendatang. Viktor Madur, Ketua DPC Nasdem yang sedang menjabat sebagai Wakil Bupati Manggarai adalah calon terbaik yang diusung NasDem,” tegas Fabianus Abu.

Baca juga  Budidaya Hortikultura di Manggarai Berkembang Pesat, Ini Kiatnya

Menariknya ketika Fabianus diwawancara media, Viktor Madur sedang berdiri tak jauh dari kerumunan wartawan. Viktor madur yang mengenakan jas abu-abu tampak tersenyum saja lalu keluar bersama Bupati Deno Kamelus dari ruang paripurna.

Sebelumnya kata Fabianus, seluruh kader partai NasDem yang ada di Manggarai resmi mengusung Viktor Madur sebagai calon bupati Manggarai melalui rapat resmi. Kader Partai NasDem kata Fabianus diperintahkan mulai melakukan sosialisasi. Itu dilakukan sekaligus menjemput survei resmi oleh DPP NasDem.

“Survei ini untuk menguji popularitas calon, layak atau tidak. Intinya kita diperintahkan untuk sebarluaskan kabar Pak Viktor sebagai calon bupati bukan calon bupati dan bukan berkoalisi dengan PAN,” ujarnya sembari berkata keputusan itu diambil dalam rapat partai yang dihadiri langsung Viktor Madur pada akhir Juli 2019.

Baca juga  Duit Minim Sulit Hadirkan Pilkada Berkualitas

“Rapatnya di rumah saya di Kecamatan Wae Rii,” ungkap Fabianus.

Heri Nabit calon wakil

Heri Nabit merupakan satu-satunya nama yang dipasang sebagai bakal calon wakilnya Viktor Madur. Heri Nabit yang adalah Wakil ketua PDIP itu dinilai sangat cocok jika berpasangan dengan Viktor Madur.

“Tidak ada nama lain yang tercatat sebagai calon pendamping Pak Viktor hanya Pak Heri Nabit,” tegas Fabianus.

Heri Nabit merupakan rival pasangan Deno Kamelus-Viktor Madur di Pilkada Manggarai 2015. Waktu itu pasangan dengan akronim HEAD ini diusung koalisi PDIP, Golkar, NasDem dan Hanura.

Menurut Fabianus Abu, Partai Nasdem telah melakukan lobi-lobi terhadap Partai PDIP juga dengan Heri Nabit secara langsung hanya saja prosesnya belum final.

“Komunikasi sedang berjalan semua sedang berproses ya termasuk dengan Pak Heri Nabit,” tambahnya.

Respon Heri Nabit

Sebelumnya, Heri Nabit kepada media ini di Labuan Bajo menyatakan siap menjadi calon bupati. Ia mengaku siap bertarung pada Pilkada 2020 mendatang. Terkait kabar ia bakal mendampingi Viktor Madur menurutnya diapresiasi saja sebagai informasi politik yang baik.

Baca juga  Daftar Sebagai Bacabup, Viktor Madur Siap Jurus Membangun dari Pinggiran

Hanya saja jawaban Heri tidak gamblang menerima atau menolak tawaran pihak NasDem yang mendekatinya. Terkait itu Heri hanya menjawab secara normatif.

“Kalau itu yang terjadi dimana nama Pak Viktor dan saya santer disebut sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati ya sah-sah saja dan kita hargai. Tapi sejauh ini saya berniat menjadi calon bupati,” katanya.

Pada Pilkada 2015 lalu Heri Nabit yang berpasangan dengan Adolfus Gabur kalah tipis dengan selisih suara hanya 1846 suara dari DM (Deno-Madur) sebagai calon petahana kala itu.

Pasangan terpilih (Deno-Madur) meraih suara sebanyak 73.666 atau 50,63 persen dari total surat suara sebanyak 145.476 suara. Sedangkan HEAD (Heri-Adol) mendapat suara sebanyak 71.820 suara. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: