Pameran Pembangunan Ruteng Ditutup, Total Omzet Rp2 Miliar

Usai menutup Pameran Pembangunan, Sabtu malam 7 September 2019 Bupati Deno berduet dengan putrinya Lisa Deno. (photo : floressmart).

Floressmart- Setelah dibuka pada 24 Agustus 2019 lalu Pameran Pembangunan dan bazaar yang dilaksanakan menyemarakkan HUT Kemerdekaan akhirnya ditutup secara resmi oleh Bupati Manggarai Deno Kamelus, Sabtu malam 7 September 2019. Acara penutupan dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni dan budaya, panggung musik serta pesta kembang api.

Bupati Deno dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain menyuguhkan berbagai acara hiburan Pameran Pembangunan dan bazar yang dilaksanakan di Lapangan Motang Rua Ruteng ini merupakan sarana sosialisasi program kegiatan dan hasil pembangunan yang berlangsung hingga saat ini baik oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai maupun BUMN/BUMD lingkup Pemkab Manggarai, lembaga pendidikan dan dunia usaha.

Baca juga  Ini Poin yang Dihasilkan dari Pelatihan Aktor Kunci Pangan dan Gizi di Tingkat Desa untuk Intervensi Stunting Multipihak

“Khusus untuk pemerintah Kabupaten Manggarai bahwa kegiatan ini merupakan bukti kalau Pemerintah Kabupaten Manggarai terbuka dan atau transparan tentang berbagai informasi pembangunan di Kabupaten Manggarai,” kata Bupati Deno Kamelus dari atas panggung hiburan.

Menurutnya apa yang dipamerkan atau yang dilaporkan dalam event ini bukan merupakan hasil akhir dari program dan kegiatan pembangunan yang telah ditetapkan atau direncanakan namun setidaknya sudah ada progres dari setiap program dan kegiatan yang dilakukan.

“Pameran pembangunan dan bazar menjadi sarana hiburan alternatif yang bersifat massal dan bervariasi di mana setiap malam digelar acara panggung hiburan yang dengan melibatkan para pelajar dan komunitas masyarakat penggiat seni,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut sebagai momen penguatan SDM menuju manusia unggul khususnya dalam bidang pertumbuhan ekonomi. Kegiatan pameran pembangunan dan bazar pun diharapkan dapat menjadi momentum untuk menyatukan semangat juang kita semua dalam membangun Manggarai yang Maju makmur sejahtera adil dan merata dan diridhoi oleh Tuhan yang Maha Esa.

Baca juga  Bupati Deno Tegur Pimpinan Empat OPD Karena Dapat Nol Nilai Kinerja

“Momen ini dibuktikan dengan banyaknya peserta pameran pembangunan dan bazar yang merupakan penggiat atau pelaku dunia usaha di Kabupaten Manggarai. Hal ini tentu saja sejalan dengan tema HUT ke 74 kemerdekaan RI tahun 2019 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju,” cetusnya.

Usai menutup sambutan, Bupate Deno berduet dengan putri semata wayangnya, Lisa Deno. Bapak dan anak itu menyanyikan lagu Manggarai berjudul ‘Lea’.

Omzet Rp2 miliar

Baca juga  Dewan Singgung Sinyal HP, Ini Jawaban Bupati Deno

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai, Venansius Burhan kepada media ini mengungkpakan bahwa perputaran ekonomi dari kegiatan tersebut yang tercatat sebagai total omzet dalam dua pekan kegiatan mencapai Rp2 miliar.

“Angka pastinya belum masuk semua. Tapi kita perkirikan total omzet mencapai Rp 2 miliar bahkan bisa lebih karena malam sebelumnya kita umumkan sebesar Rp1,8 miliar,” kata Kadis Venan.

Jumlah tersebut lanjutnya melampaui target Rp1,4 miliar dengan asumsi Rp100 juta per malam selama 14 hari.

“Target kita Rp100 juta permalam tapi ternyata lebih,” imbuhnya.

Menurut Venansius Burhan, jumlah perputaran uang selama Pameran Pembangunan dan bazar tahun 2019 lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

“Kalau tahun 2018 ada 115 stan dengan durasi 10 hari saja sedangkan 2019 tercatat 126 stan selama dua pekan makanya omzetnya besar,” tutupnya. (js)

Tag: