Setelah PDIP Gusti Ganggut Daftar di Gerindra

Agustinus Ganggut mendaftar di DPC Gerindra Manggarai, Sabtu 28 September 2019 (Photo : Floressmart)

Floressmart- Agustinus Ganggut mendaftar di DPC Gerindra Kabupaten Manggarai Nusa Tenggara Timur, Sabtu 28 September 2019. Berkas pendaftaran Gusti sebagai bakal calon bupati (bacabup) Manggarai periode 2020-2025 diterima dan diperiksa oleh ketua panitia penjaringan bakal calon, Erwin Nala disaksikan dewan penasihat Gerindra.

Gerindra merupakan parpol kedua yang dilamar Gusti Ganggut. Sebelumnya birokrat yang masih menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Manggarai ini telah mendaftar di PDI Perjuangan.

Pendaftaran Gusti Ganggut di Kantor Gerindra di Kelurahan Pau Ruteng berlangsung pada pukul 10.00 WITA.

Sebelum serah terima berkas pendaftaran, pihak Gusti Ganggut lebih dahulu menyampaikan sapaan adat (kepok) dan menyerahkan ayam jantan kepada panitia pendaftaran simbol ketulusan hati dan niat baik.

Baca juga  Gerindra Serukan Kerja Cerdas Menangkan Frans Sarong-Kasmir Don

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Manggarai, Adrianus Sehadun mengapresiasi cara Gusti Ganggut bersama rombongan yang mendaftar dalam nuansa budaya Manggarai.

“Tadi di depan kami juga menyapa dengan adak Kepok dan di dalam ruangan ini Pak Gusti juga Kepok balik dengan tuak dan ayam. Tentu kearifan lokal yang diwariskan oleh nenek moyang membuat kita yang hidup di zaman ini harus menghargai adat istiadat,” kata Adrianus disusul tepuk tangan penitia pendaftaran dan keluarga yang mendampingi Gusti Ganggut.

Ketua DPC Gerindra yang akrab disapa Dian itu mengatakan, kriteria keseriusan bakal calon bupati yang mendaftar di Gerindra salah satu yang dinilai yakni tanpa perantara serta dilengkapi visi misi.

“Kami sebelumnya mengumumkan syarat pendaftaran di Partai Gerindra dilengkapi dengan visi misi dan semua syarat telah dipenuhi sehingga Pak Gusti sah sebagai bakal calon bupati di Gerindra,” katanya.

Baca juga  Pilkada Mahal, Sesat Pilih Membahayakan

Dian pun menghimbau agar Gusti Ganggut terus melakulan sosialisasi diri sebagai  bakal calon bupati karena menurut Dian, para bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftat di Gerindra nantinya diuji melalui survei.

“Di Gerindra ini ada yang namanya tahap penjaringan bakal calon seperti yang kita lakukan hari ini. Berkas pendaftaran kemudian diserahkan ke pengurus Gerindra Provinsi NTT untuk dilakukan proses penjaringan dan terakhir penetapan itu dilakukan oleh Dewan  Pimpinan Pusat (DPP) namun didahulai survei oleh internal partai,” tambahnya.

Sementara itu, Agustinus Ganggut ketika diwawancai media memastikan akan mendaftar di partai politik lain kecuali PAN dan NasDem karena sudah pasti dua parpol tersebut mengusung kader terbaiknya yakni Bupati Deno Kamelus (Ketua DPD PAN dan Wabup Viktor Madur (Ketua NasDem).

Baca juga  Terlibat Politik Uang PNS di Manggarai Timur Jadi Tersangka

“Setelah PDIP dan Gerindra kita pasti melamar ke parpol lain juga kecuali PAN dan NasDem,” tuturnya.

Diakui Gusti Ganggut, dia dan Gerindra memiliki hubungan emosional yang baik oleh karena Ketua Gerindra NTT, Esthon L Foenay merupakan seniornya di bela diri kempo. Selain dekat dengan Esthon, Gusti Ganggut juga mengklaim telah menjalin hubungan baik dengan pengurus Gerindra Manggarai.

“Ketua Gerindra NTT Pak Esthon juga merupakan Ketua Kempo NTT. Saya dengan beliau dekat dari dulu. Demikian juga dengan teman-teman Gerindra di sini baik-baik semua,” katanya.

Seperti yang telah diumumkan Gerindra, pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati akan ditutup pada 1 Oktober 2019. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: