Betrand Peto Sah Jadi Putra Ruben Onsu

Ruben Onsu, Sarwendah dan Betrand Peto usai melaksanakan ritus serah terima hak asuh di Cancar, Sabtu 5 Oktober 2019.(photo:floressmart)

Floressmart- Prosesi adat Manggarai mengangkat Betrand Peto menjadi putra Ruben Onsu dan Sarwendah telah dilakukan di kediaman kelurga Peto di Pinggong Cancar Kecamatan Ruteng Sabtu, 5 Oktober 2019.

Penyambutan Ruben Onsu dan istrinya Sarwendah serta Betrand di rumah kakeknya berlangsung meriah. Tidak sedikit juga yang meneteskan air mata mengikuti prosesi yang mengharubiru ini.

Penyerahan Betrand ke Ruben Onsu dilakukan sendiri oleh ayah Betran, Ferdi Peto dengan cara Betrand digendong dan diserahkan ke hadapan Ruben dan Sarwendah yang duduk bersila di atas tikar. Betran pun kini menjadi Betrand Peto Putra Onsu.

Berikutnya,pernyataan adat dan penyerahan ayam jantan putih serta kain songket kepada Ruben Onsu menjadi acara pamungkas menegaskan Betrand Peto resmi menjadi anak Ruben.

Baca juga  Final Perancis VS “Perancis” hingga “Manggarai Raya Celaka 12, Celaka 13?”

“Kami menyerahkan Betrand untuk diangkat menjadi anaknya Pak Ruben, sebagai tanda ikhlas dan tulus kami serahkan ayam dan kain Songket ini. Dengan demikian Pak Ruben dan Sarwendah juga menjadi anggota keluarga kami,” kata tokoh adat di dalam tempat acara.

Apa kata keluarga

Kakek dan Nenek Bertran, Donatus Peto dan Yustina Syukur mengungkapkan, ritual yang baru dilaksanakan membawa mereka ke suasana batin yang terbelah antara gembira dan sedih. Namun mereka tetap ikhlas menyerahkan hak asuh ke Ruben Onsu.

“Komentar saya ya, terharu sekali karena masa depannya saya punya cucu ini pasti lebih baik. Memang ada senang juga sedih karena Betrand sudah tinggal jauh dari kami sekarang. Dia di Jakarta kami di Cancar,” kata Don Peto.

Baca juga  Politisi Demokrat Tantang Pesaing Bertarung Jujur

Sementara, Yustina Syukur, nenek Betran mengaku ‘bersyukur’ karena cucunya yang diasuhnya sebelum hijrah ke Jakarta telah menemukan jalan Tuhan memperbaiki nasibnya melalui kebaikan yang diberikan Ruben Onsu.

“Kami hanya lewat doa saja untuk kebaikan Betrand ke depan. Saya rasa senang dan bangga ini semua bagian dari pekerjaan baik Pak Ruben dan Ibu Sarwendah untuk masa depannya cucu kami ini,” ujar Yustina Syukur.

Pendidikan nomor satu

Ruben Onsu dalam kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih yang tinggi kepada keluarga besar Cancar dan semua pihak yang terlibat atas prosesi yang berjalan lancar dan penuh kekeluargaan.

Baca juga  Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Natal, Bupati Deno Sidak OPD Cek Kehadiran ASN

Meskipun Betrand telah menjadi anaknya namun kata menurut Onsu, Betrand akan tetap milik keluarga Peto dan milik orang Cancar. Ruben dan Sarwendah berkomitmen bahwa pendidikan tetap menjadi prioritas bagi Betrand.

“Sampai kapan pun Betrand tetap milik keluarga Peto dan milik orang Cancar, milik orang NTT. Tugas saya adalah mendidik agar Betrand sukses di masa datang melalui pendidikan yang baik. Betrand saat ini sedang berproses menuju jalan menjadi artis. Namun artis dan pendidikan harus tetap seimbang,” ungkap Onsu.

Ruben yang baru saja menerima hak asuh Betran mengungkapkan bahwa ia d keluarganya juga merupakan anggota keluarga Peto.

“Saya dan Sarwendah, Talia dan Tania juga menjadi anggota keluarga Peto, bagian dari orang Manggarai, terima kasih banyak untuk proses yang berlangsung lancar ini,” katanya. (js)

Beri rating artikel ini!
Tag: