Romanus Woga: Dian yang Terus Menyala

 

Romanus Woga

Oleh: Kanisius Teobaldus Deki*

Floressmart- Lima Pusat Koperasi Kredit se-NTT bertemu di Hotel Sylvia-Kupang 15-17 Oktober 2019. Pertemuan ini membahaas banyak hal, antara lain memperingati The International 71th Credit Union Day yang jatuh pada Kamis, 17 Juli 2019.

Peserta datang dari berbagai tempat di NTT. Di ujung Barat Puskopdit Manggarai, di Flores Tengah Puskopdit Flores Mandiri dan di Timur Flores Puskopdit Swadaya Utama Maumere. Tiga Puskopdit dari Flores dengan ratusan lembaga Credit Unionnya. Di Timor ada Puskopdit Bekatigade Timor dengan 27 dan Puskopdit Sumba ada 9 Kopdit.

Baca juga  Melawan Korupsi Ala Guru Agama

Perhelatan tahunan Puskopdit ini merupakan ajang untuk bertukar informasi, pengalaman dan pengetahuan untuk pertumbuhan dan perkembangan Kopdit.

Menariknya, tatkala membahas agenda Pengurus Forum Puskopdit NTT untuk periode 2019-2021, secara aklamasi terpilih bapak Romanus Woga, Ketua Puksopdit Swadaya Utama Maumere sebagai Ketua dan Vinsen Repu sebagai Sekretaris. Tepuk tangan meriah memenuhi Aula Lantai 5 Hotel Sylvia Premier Kupang.

Baca juga  Carolus Kale Bale, SVD: Pahlawan Kemanusiaan Manggarai

Romanus adalah pribadi yang terus membiaskan pengaruh positif bagi keberlangsungan Kopdit, sejak kelahirannya di tahun 1970an hingga saat ini. Pidato-pidatonya yang memukau memberi daya pikat yang tak sedikit. Alur konsepnya jelas terpampang dan mudah diikuti.

Itulah sebabnya, secara otomatis, dari hasil perjuangan yang tak sedikit menetskan derai air mata, dia didapuk untuk menjabat beberapa posisi penting di Kopdit, mulai dari primer hingga dunia internasional.

Baca juga  PNS Dan Perilaku Berwajah Ganda Dalam Politik

Anak Desa yang Senang Belajar
Romanus lahir dengan nama lengkap, Romanus Woga. Dalam pertemuan nasional pun internasional dia sering disapa Rommy. Dia lahir di Hewokloang pada 16 Juli 1947.

Pendidikan formal mula-mula dijalankannya di SRK Hewokloang dan selesai tahun 1960. Dari Hewokloang, dia melanjutkan pendidikan di SMPK Watublapi (tamat tahun 1964) dan selanjutnya menempuh pendidikan menengah di SMEAK Syuradikara Ende (tamat tahun 1969).

Beri rating artikel ini!
Tag: