Romanus Woga: Dian yang Terus Menyala

Tahun 1970 hingga 1988, Romanus dipercayakan menjadi Petugas Lapangan/ Motivator Koperasi Kredit. Hal ini menjadi eksplisitasi dari kursus Credit Union yang diterimnya di Bogor.

Kepercayaan barus terus bertambah sehingga dari lapangan Romanus dipindahkan sebagai Sekretaris dalam Kepengurusan Yaspem tahun 1988 hingga 1998.

Sebuah jabatan kepercayaan yang sangat strategis untuk melakukan pemberdayaan masyarakat saat itu. selama 10 tahun Romanus membuktikan kapasitas, kapabilitas dan kualitasnya sehingga sejak tahun 1998 hingga sekarang menduduki posisi Ketua Pengurus Yaspem.

Baca juga  NTT Darurat Moral! (Catatan Akhir Tahun 2017)

Dian bagi Koperasi Kredit
Apa yang sekarang disebut Koperasi Kredit di Indonesia adalah sebuah lembaga yang lahir di Eropa, besutan Raiffeisen tahun 1849. Raiffeisen memandang begitu banyak orang miskin yang harusnya dapat hidup layak. Dia menolong mereka dengan membagikan makanan dan memberi derma. Lama kelamaan Raiffeisen merasa bahwa cara yang dia lakukan keliru.

Makin banyak jumlah orang miskin namun kemampuan dia memberi makin kecil. Lahirlah konsepnya bahwa orang miskin itu harus diberdayakan.

Baca juga  Politik “Jinak-Jinak Merpati”

Mereka harus diberi kail bukan ikan. Merekalah yang harus memancing sendiri untuk mendapat ikan. Menyiapkan wadah Credit Union bagi Raiffeisen adalah hal yang paling mungkin. Jadilah demikian. Banyak orang dapat menolong dirinya sendiri dan sesamanya.

Kisah Raiffeisen di Eropa menjalar ke seluruh dunia, termasuk Indoensia melalui P. Albrecth Karim SJ. Spirit dasarnya tetap sesama. Penegasannya jelas: orang miskin dapat menolong dirinya sendiri. Termasuk berlembaga. Yang dibtuhkan adalah mereka harus saling percaya.

Baca juga  Compang Orang Manggarai (Menggulung Riuh Compang Pantai Pede)

“Orang masuk Koperasi Kredit karena saling percaya. Kata latin “credere” artinya percaya “unus” artinya satu. Credit Union itu orang yang saling percaya lalu berkumpul untuk melakukan sesuatu”, jelas Romanus pada suatu saat.

Romanus adalah salah satu penggerak pertama Kopdit di NTT. Dia menginisiasi lahirnya BK3D NTT-T (Badan Koodrinasi Koperasi Kredit Daerah Nusa Tenggara Timur Bagian Timur).

Beri rating artikel ini!
Tag: